Gandeng TPID, Pemkot Probolinggo Lakukan Langkah Konkret Antisipasi Inflasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gandeng TPID, Pemkot Probolinggo Lakukan Langkah Konkret Antisipasi Inflasi

Editor: Arief
Rabu, 27 Maret 2024 18:36 WIB

Pj Wali Kota Probolinggo, Nurkholis saat rapat inflasi di ruang Puri Manggala Bhakti, Selasa (26/3/2024). Foto: Dok. Diskominfo Kota Probolinggo

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah () melakukan upaya agar inflasi tetap terkendali menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

"Berdasarkan sumber dari BPS, yang memberikan andil inflasi month to month terbesar di Kota Probolinggo adalah kelompok makanan,minuman dan tembakau," kata Pj Wali Kota Probolinggo, Nurkholis, Rabu (27/3/2024).

Menurutnya, upaya penanganan inflasi daerah ini terus dilakukan dengan cara pelaksanaan operasi pasar murah dan inspeksi mendadak ke pasar dan distributor, agar tidak menahan barang.

"Selain itu juga dilakukan kerja sama dengan daerah penghasil komoditas untuk kelancaran pasokan hingga melakukan gerakan menanam cabai. Dari berbagai upaya tersebut, inflasi di Kota Probolinggo tetap terkendali," tuturnya.

Dari data , pada Februari 2024, inflasi bulan ke bulan tercatat sebesar 0,51 persen dan inflasi tahun ke tahun sebesar 3,22 persen, dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 105,82.

Nurkholis menyebut, hasil tersebut bentuk sinergi dengan yang solid, seta didukung berbagai program intensif dan terarah antara jajaran pemerintah daerah dan forkopimda dalam pengendalian inflasi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video