Ini Agenda Pj Gubernur Jatim saat Safari Ramadan di Kabupaten Blitar | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ini Agenda Pj Gubernur Jatim saat Safari Ramadan di Kabupaten Blitar

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Rabu, 27 Maret 2024 21:31 WIB

Pj Gubernur Jatim saat Safari Ramadan di Kabupaten Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, melanjutkan giat Safari 2024. Kali ini kegiatan yang menggandeng Jatim dan Kabupaten Blitar itu menghadirkan 1.000 anak yatim/piatu di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Rabu (27/3/2024).

Dalam agenda tersebut, Adhy bersama Bupati Blitar, Rini Syarifah, berkesempatan memberikan santunan kepada para anak yatim piatu. Ada juga penyaluran zakat produktif kepada 25 orang penerima manfaat, penyaluran bantuan sosial untuk ASPD (asistensi sosial penyandang disabilitas) bagi 5 penerima manfaat, tali asih TKSK kepada 5 orang, dan tali asih Tagana kepada 5 orang, serta 10 Penerima Apresiasi Seniman, dan 23 Juru Pelihara Cagar Budaya.

Pj Gubernur Jatim mengatakan, pemberian santunan dan zakat produktif merupakan wujud nyata tanggung jawab pemerintah bersama . Ia menjelaskan, Jatim sangat aktif menghimpun zakat, infaq, dan shodaqoh kemudian disalurkan kembali bagi mereka yang berhak menerima.

Penerimaan dan penyaluran, zakat, infaq hingga shodaqoh berupa santunan, kata Adhy sangat membantu pemerintah. Karena program yang dilakukan Jatim selalu berseiring dengan pemerintah, seperti ikut dalam penurunan kemiskinan, peningkatan pemberdayaan ekonomi, dan pemberian bantuan modal usaha bagi para pelaku usaha UMKM.

"Allhamdulillah apa yang dilakukan oleh Jatim hari ini sudah terlihat di dalam membantu pemerintah menurunkan kemiskinan dan memberikan bantuan modal usaha bagi para pelaku UMKM dan usaha ultra mikro," ujarnya.

Ia melanjutkan, program-program Jatim seperti menyantuni anak yatim/piatu, pemberian zakat produktif hingga bantuan kepada korban bencana merupakan program baik dan harus ditingkatkan.

"Jika tahun ini bisa diberikan 1.000 santunan yatim/piatu semoga selanjutnya bertambah bisa 2.000 santunan," tuturnya.

Oleh karena itu, Adhy menyampaikan kalau Jatim tidak hanya memberikan bantuan pada kebutuhan dasar seperti santunan, zakat produktif dan bantuan kepada bencana, melainkan juga membantu pengurangan kemiskinan hingga pemberdayaan ekonomi.

"Program-program santunan, zakat produktif dan bantuan kepada korban bencana alam adalah program yang sangat baik. Jadi setiap memperoleh zakat, infak dan shodaqoh pasti akan kami segera salurkan kepada yang berhak," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video