​Al-Qur’an tentang Makna Digital | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Al-Quran tentang Makna Digital

Editor: MMA
Kamis, 28 Maret 2024 08:03 WIB

Suhermanto Ja'far. Foto: UINSA

Oleh:

Setiap Ramadlan, dimensi sakralitas bulan suci ini sangat terasa. Ini karena banyak keutamaan dan barokah yang menyertai bulan ini. Bulan yang penuh maghfiroh, bulan yang menjadi turunnya al-Qur’an. 

Bahkan terdapat satu malam yang setara dengan seribu bulan yang disebut malam Laila al-Qadar. 

Tulisan ini akan mengeksplorasi gagasan al- Qur’an tentang digital. Adakah hubungannya al-Qur’an dengan Teknologi Digital.

Teknologi digital hadir begitu dekat dalam lingkungan kita, bahkan telah merasuki semua sendi kehidupan manusia.

Pada era digital memungkinkan seluruh entitas di dalamnya untuk saling berkomunikasi kapan saja secara real time dengan memanfaatkan teknologi internet.

Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner).

Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit).

Secara umum, pengertian digital adalah suatu sinyal atau data yang dinyatakan dalam serangkaian angka 0 dan 1, dan umumnya diwakili oleh nilai-nilai kuantitas fisik, seperti tegangan atau polarisasi magnetik. Digital menggambarkan teknologi elektronik yang menghasilkan, menyimpan, dan memproses data dalam dua kondisi: positif dan non-positif. Positif dinyatakan atau diwakili oleh angka 1 dan non-positif oleh angka 0. Dengan demikian, data yang dikirimkan atau disimpan dengan teknologi digital dinyatakan sebagai string 0 dan 1. Masing-masing digit status ini disebut sebagai bit (dan serangkaian bit yang dapat ditangani komputer secara individual sebagai grup adalah byte).

Konsep digital ini ternyata juga menjadi gambaran pemahaman suatu keadaan yang saling berlawanan. Pada gambaran saklar lampu yang ditekan pada tombol on, maka ruangan akan tampak terang. Namun apabila saklar lampu yang ditekan pada tombol off, maka ruangan menjadi gelap. Kondisi alam semesta secara keseluruhan menganut system digital ini.

Pada belahan bumi katulistiwa, munculnya siang dan malam adalah suatu fenomena yang tidak terbantahkan. Secara psikologis, manusia terbentuk dengan dua sifat, yaitu baik dan buruk. Konsep Yin dan Yang ternyata juga bersentuhan dengan konsep digital ini.

Islam memandang persoalan di atas merujuk pada sumber utamanya yaitu al- Qur’an. Al-qur’an bukan lah teori, filsafat ataupun sains, tetapi Hudan yaitu petunjuk. Karena sebagai petunjuk (guidance), maka al-Qur’an menggunakan bahasa konotasi, metafora maupun alegoris. Al-Qur’an mempunyai language game sendiri. Bagi kelompok Islam apologetik, Al-Qur’an sudah lengkap memuat ajaran tentang segalanya.

Secara ontologis mungkin bisa dibenarkan ungkapan ini. Tetapi secara epistemologis, realitas dinamika kehidupan dengan segala perkembangannya termasuk sains dan teknologi merupakan sebuah keniscayaan yang tidak bisa kita negasikan ataupun ditolak keberadannya.

Perlu kita ketahui bersama bahwa al-Qur’an dengan segala paradigmanya melahirkan Islamic sciences sedangkan alam dan dunia dengan segala paradigmanya melahirkan natural, social dan humaniora sciences. Al-Qur’an dan Alam merupakan ayat Tuhan yang saling melengkapi dan berjalan seiring bagaikan suatu sistem dan saling memberikan umpan balik keduanya. sebagai ayat Qauliyah dan Alam sebagai ayat Kauniyahnya. Keduanya berkembang secara simultan. Tidak ada dominasi dan subordinasi keilmuan keduanya.

Makna digital jika dikaitkan dengan otomatisasi, maka pertama, cenderung identik dengan mekanistis. Teknologi digital sebagai produk cybernetic (epistemologi terapan) merupakan upaya manusia melakukan memesis (Plato), tiruan atau copy dari alam semesta yang diciptakan Tuhan secara mekanistis.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video