Kemenkumham Jatim Kawal Persiapan Pemda untuk Penuhi Data Dukung KKP HAM | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kemenkumham Jatim Kawal Persiapan Pemda untuk Penuhi Data Dukung KKP HAM

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy Erlambang
Kamis, 04 April 2024 17:16 WIB

Kepala Divisi Yankumham, Dulyono, saat menyampaikan paparan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur terus mengawal persiapan pemerintah daerah untuk memenuhi data dukung kriteria Kabupaten Kota Peduli (KKP) HAM. Salah satunya dengan menggelar Rapat Koordinasi Laporan Tahun 2024, Kamis, 4 April.

"Kami ingin memastikan setiap kabupaten/kota dapat menyiapkan atau menyediakan data-data. Semua kabupaten/kota harus memenuhi kriteria dan menyampaikan laporan pelaksanaan sesuai dengan prosedur yang ada," ujar Kepala Divisi Yankumham, Dulyono.

Dulyono, yang mewakili Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono, menjelaskan bahwa peduli HAM adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan peran dan tanggung jawab dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan hak asasi manusia ().

"Pentingnya perlindungan dan pemenuhan HAM bagi daerah dapat terwujud apabila daerah konsisten dan peduli terhadap perlindungan serta pemenuhan HAM," terangnya.

Dulyono menjelaskan bahwa kriteria penilaian kabupaten/kota peduli HAM meliputi sepuluh kelompok hak asasi dasar. Mulai dari hak atas bantuan hukum, hak atas informasi, hak turut serta dalam pemerintahan, hak atas keberagaman dan pluralisme, hak atas kependudukan, hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas pekerjaan, hak atas lingkungan hidup dan kesehatan, serta hak atas perumahan yang layak dan hak perempuan serta anak.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: Humas Kemenkumham Jatim

 

sumber : Humas Kemenkumham Jatim

Berita Terkait

Bangsaonline Video