Pengawasan Terakhir Sebelum Lebaran, Disperdagin Kota Kediri Tak Temukan Kecurangan di SBPU | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pengawasan Terakhir Sebelum Lebaran, Disperdagin Kota Kediri Tak Temukan Kecurangan di SBPU

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 04 April 2024 22:12 WIB

Petugas Gabungan saat mengecek SPBU Joyoboyo, Kota Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi kecurangan pengisian bahan bakar menjelang lebaran, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) bersama Polres Kediri Kota dan melakukan pengawasan kembali ke di Jalan Joyoboyo, Kamis (4/4/2024).

Kepala Disperdagin Kota Kediri, Wahyu Kusuma Negara, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pengawasan yang terakhir sebelum memasuki momentum Idhlfitri 2024. Sebelumnya, pihaknya telah melakukan pengawasan ke beberapa , antara lain: Muning, Alun-Alun, Bence, serta Ngampel.

“Sidak ini dilakukan fungsinya agar masyarakat aman dan nyaman saat membeli , terutama jelang hari raya yang mana permintaan meningkat,” kata Wahyu.

Pada kegiatan ini, petugas memeriksa sejumlah alat yang digunakan dalam pengisian , antara lain: meteran, kelengkapan alat, nosel, serta pengukuran tanki meter. Dikatakan, “Selama ini di Kota Kediri belum pernah ada kecurangan jadi saya belum tau bentuk kecurangannya seperti apa.”

Adapun proses pengawasan dimulai dengan menuangkan bahan bakar pada bejana berukuran 20 liter lalu diperiksa pada masing-masing nosel, apakah sesuai dengan jumlah liter yang seharusnya atau tidak. Pemeriksaan ini dilakukan sebanyak 3 kali untuk setiap nosel.

“Pemeriksaan nosel ini untuk memastikan kalau konsumen beli seliter harus dapat seliter tidak boleh kurang atau lebih. Kita juga melindungi penjual, kalau ukurannya lebih mereka juga mengalami kerugian,” urai Wahyu.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video