Adhy Karyono Lepas Keberangkatan 1.095 Pemudik Gratis Rute Jakarta-Jatim | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Adhy Karyono Lepas Keberangkatan 1.095 Pemudik Gratis Rute Jakarta-Jatim

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Jumat, 05 April 2024 17:12 WIB

Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, saat melepas keberangkatan para peserta mudik gratis.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, didampingi Kepala Dinas Perhubungan Jatim, Nyono memberangkatkan program mudik bareng gratis di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Jumat (5/4/2024). 

Terdapat 1.095 pemudik asal Jawa Timur hari ini diberangkatkan menikmati mudik gratis dengan menggunakan 27 bus menuju ke beberapa wilayah yang tersebar di Jatim. Adhy menegaskan, mudik gratis menjadi program tahunan yang digelar sebagai bentuk kepedulian untuk memfasilitasi masyarakat yang bekerja di Jakarta agar dapat mudik dengan aman, nyaman dan berkesan.

"Ini adalah bentuk kewajiban dan tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jatim melayani masyarakat. Atas nama kami ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa dan juga selamat merayakan hari raya idul Fitri mohon maaf lahir batin. Mudah-mudahan lebaran dengan baik di kampung halaman," paparnya.

Rute mudik gratis moda bus dari ibu kota tahun ini yaitu Jakarta-Bangkalan-Sampang-Pamekasan-Sumenep 4 bus, Jakarta-Ngawi-Magetan-Madiun-Ponorogo 11 bus, Jakarta-Pacitan 2 bus, Jakarta-Bojonegoro-Tuban-Babat-Lamongan-Gresik 5 bus, Jakarta-Kediri-Tulungagung 1 bus, Jakarta-Nganjuk-Kertosono-Jombang 1 bus, Jakarta-Mojokerto-Surabaya-Malang 1 bus, Jakarta-Lumajang-Jember-Banyuwangi 2 bus.

Lebih lanjut, Adhy mengatakan mudik gratis memiliki beberapa manfaat di antaranya, menekan angka kecelakaan, menghemat biaya, menumbuhkan guyub rukun antar sesama pemudik dan tentunya memberikan kesan menikmati suasana selama perjalanan ke kampung halaman.

Menurutnya, libur lebaran tahun ini cukup panjang. Maka, diperkirakan terjadi lonjakan pemudik dibandingkan tahun lalu.

“Jumlah pemudik tahun ini naik 16,2 persen dari tahun lalu. Jadi yang mudik ada sekitar 31,2 juta dari total 40,5 juta penduduk di Jatim," jelasnya.

Dengan demikian, Adhy mengingatkan kepada seluruh sopir, crew maupun penumpang agar saling mengingatkan. Sebab, kata dia, ada beberapa rute rawan dari Jateng menuju Jatim, yakni Ngawi dan Mojokerto yang seringkali terjadi kecelakaan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video