Anggap Penuh Kecurangan, Ratusan Peserta Muktamar NU Pindah ke Tebuireng | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Anggap Penuh Kecurangan, Ratusan Peserta Muktamar NU Pindah ke Tebuireng

Rabu, 05 Agustus 2015 21:26 WIB

Ratusan peserta muktamar yang pindah ke Tebuireng lantaran kecewa dengan pelaksanaan muktamar di alun-alun Jombang. (foto: rony suhartomo/BANGSAONLINE)

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sekitar 500 peserta Muktamar Nahdlatul Ulama ramai-ramai pindah ke pesantren Salahuddin Wahid alias Gus Solah di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Rabu 5 Agustus 2015. Mereka mengadukan jalannya Muktamar yang dinilai tidak adil.

Massa konvoi menuju Tebuireng dari alun-alun Jombang, tempat Muktamar ke-33 berlangsung. Hadir dalam pertemuan tersebut KH Hasyim Muzadi. Kiai Hasyim merupakan sosok yang didukung mayoritas muktamirin untuk menjadi Rais Aam Syuriah. 

Di hadapan para muktamirin, Kiai Hasyim mengaku bisa merasakan kekecewaan para muktamirin atas berjalannya Muktamar yang dia anggap sarat kejanggalan. Ia pun secara terbuka mengekspresikan keluhannya. "Penyakitnya bukan pada ulama. Tapi, kelompok yang merekayasa ulama," ujar dia. 

Dalam kesempatan tersebut, Kiai Hasyim juga menegaskan sikapnya untuk tidak mau dicalonkan atau dipilih menjadi Rais Aam. "Saya tidak mau dicalonkan sebagai Rais Aam karena itu akan menyebabkan perpecahan. Sekalipun, saya tahu muktamar ini penuh dengan kepalsuan dan kezaliman," kata dia. 

Meski begitu, Kiai Hasyim mewanti-wanti agar muktamirin yang kecewa tidak membuat muktamar tandingan, terlebih NU tandingan. Hal itu, menurut dia, akan membuat nama NU hancur di mata masyarakat, bahkan di tingkat dunia.

Jika tidak puas, menurut Kiai Hasyim, muktamirin bisa mengambil sikap. Terlebih, menurut dia, PBNU telah demisioner sejak Rabu (5/8) sore. Jika mereka yang tidak puas jumlahnya lebih dari setengah, kata dia, muktamirin bisa membuat sidang lanjutan yang terpisah dan mengambil keputusan.

Hal itu, menurut Kiai Hasyim, bukan merupakan Muktamar tandingan. Ia menyebutnya Muktamar lanjutan, karena dilakukan oleh para peserta yang sama. (Baca juga: Gus Solah: Muktamar di Jombang Memprihatinkan)

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   muktamar-nu

Berita Terkait

Bangsaonline Video