Ratusan Catin Nikah di Malam Songo, Kemenag Tuban Siapkan Puluhan Penghulu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ratusan Catin Nikah di Malam Songo, Kemenag Tuban Siapkan Puluhan Penghulu

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Jumat, 05 April 2024 20:53 WIB

Salah satu pasangan calon pengantin yang melangsungkan pernikahan di malam songo.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kantor Kementerian Agama Kabupaten menyiapkan sebanyak 29 penghulu untuk menikahkan 303 pasang calon pengantin (catin) yang akan melangsungkan pernikahan di malam songo.

merupakan malam yang dianggap istimewa oleh sebagian masyarakat Kabupaten sehingga dijadikan tradisi untuk melangsungkan pernikahan.

Malam songo dianggap memiliki banyak keberkahan. Menurut tradisi Jawa, malam songo adalah hari sakral untuk melangsungkan pernikahan sehingga tidak diperlukan perhitungan.

Kasi Bimas Islam Kemenag Kabupaten , Mashari, mengatakan peserta pernikahan malem songo tahun ini cenderung mengalami penurunan sebanyak 50 pasang dibandingkan tahun lalu yang mencapai 353 pasang.

"Ada 4 catin yang masih di bawah umur, dari ada 3 calon istri dan KUA Soko ada 1 calon suami," ujarnya, Jumat (5/4/2024).

Menurut Mashari, penurunan jumlah catin bisa diindikasikan sebagai keberhasilan program Bangga ( Bangun Keluarga) besutan Kemenag dan pemda setempat.

"Mungkin karena mindset masyarakat sudah berubah, bahwa menikah tidak harus malem songo atau tidak mau tergesa-gesa untuk menikah, mematangkan usia dan mempersiapkan diri secara lebih," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video