Khofifah Promosikan Kuliner Jatim: Ini Masakan Khas Madura, Sidoarjo, Jombang, dan ... | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Khofifah Promosikan Kuliner Jatim: Ini Masakan Khas Madura, Sidoarjo, Jombang, dan ...

Editor: M Mas'ud Adnan
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Sabtu, 13 April 2024 16:13 WIB

Kaldu Kokot Al-Ghozali di Sampang. Foto: BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Indar Parawansa terus mempromosikan kuliner Jawa Timur. Menurut dia, kuliner Jatim sangat khas dan maknyus.

"Jawa Timur punya banyak sekali macam ragam kuliner khas di masing-masing daerah. Mumpung sedang di kampung halaman, jangan sampai melewatkan kulineran di Jatim," ujar Ketua Umum PP Muslimat NU itu dalam keterangan tertulisnya yang diterima BANGSAONLINE, Sabtu (13/4/2024).

Ia memulai dari Kawasan Madura. "Yang sedang mudik di Madura, tentu jangan sampai ketinggalan kulineran ke Bebek Sinjay. Lalu juga ada Bebek Songkem Pak Salim, ada Lorjuk Ibu Hamidah yang pasti bikin nagih, juga ," kata Mbok-e Rakyat Jatim itu.

sendiri mengaku kalau sedang di Madura tidak pernah melewatkan mampir ke Bebek Sinjay ataupun kaldu kokot. Menurut dia, kuliner Madura memiliki kekhasan yang tidak bisa ditolak oleh lidah.

Begitu juga Kabupaten Sidoarjo. Menurut dia, sangat sayang jika sampai melewatkan kulineran di daerah yang sering disebut dengan kota udang dan bandeng itu. Ia menyebut contoh , Kupang Lontong Pak Misari, Sop Buntut Depot Langgeng, serta Sate Barongan.

"Atau yang sedang di Ngawi, jangan sampai ketinggalan kulineran berburu Pecel Lethok Mbah Jan, juga masakan legendaris Tepo Tahu Mbah Nem, serta Sate Gule Kambing Pak Min. Selain itu Ngawi juga punya santapan unik seperti Botok Tawon Prandon dan Botok Wagal Mbah Surip yang sayang sekali kalau dilewatkan," tutur .

juga mempromosikan kuliner Bojonegoro. Menurut dia, tak afdhol rasanya jika tidak sempat mencicipi kuliner khas seperti Sate Pak Tondho, Pecel dan Kikil Saritong, serta menyantap hangatnya Wedang Tape Gerdu Suto. Selain itu, santapan sego buwuhan, Mie Godog Cipto Roso, ledre, dan keripik jahe juga deretan kuliner yang wajib dijujuk selama di Bojonegoro.

"Yang sedang di Kediri atau di sekitarnya, juga jangan lupa di sela unjung-unjung silaturahmi juga mampir ke Soto Podjok Dhoho, Warung Begok, Sate Tenang Pak Slamet, juga Balungan Pecok Pedas, atau mampir ke Sate Emprit Mbah Darmo," urai .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video