Tingkatkan Pengolahan Sampah, Pemkab Kediri Ajukan Revitalisasi TPST | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tingkatkan Pengolahan Sampah, Pemkab Kediri Ajukan Revitalisasi TPST

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Senin, 22 April 2024 21:37 WIB

Alat berat saat meratakan sampah di TPA Sekoto. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com saat ini tengah mengajukan rencana revitalisasi TPST (tempat pengelolaan sampah terpadu) di Branggahan, Kecamatan Ngadiluwih, dan Sekoto, Kecamatan Badas, sebagai komitmen meningkatkan pengelohan sampah.

Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Kabupaten Kediri, Arman Fuadi, mengatakan bahwa  pemerintah daerah sejauh ini fokus meningkatkan pengelolaan sampah, yaitu dengan memanfaatkan limbah sampah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis.

Upaya peningkatan tersebut, ditandai saat mengajukan kepada pemerintah pusat terkait revitalisasi TPST Branggahan dan rencana pembangunan TPST Sekoto. Di mana, kedua area itu didesain menjadi tempat pengolahan sampah di wilayah Kediri bagian selatan dan utara.

“Solusi kami masih mengupayakan untuk minta pendanaan dari pemerintah pusat terkait revitalisasi TPST Branggahan dan rencana membangun TPST di Sekoto. Ini masih proses semua,” kata Arman, Senin (22/4/2024).

Menurut dia, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) berbeda konsep dengan keberadaan TPST. Jika TPA menjadi tempat pembuangan sampah, sedangkan TPST lebih diprioritaskan sebagai tempat pengolahan sampah.

Rencana pembangunan TPST itu lantaran Kabupaten Kediri yang memiliki luas sekitar 1.563 km² masih membutuhkan tempat penampungan sampah. Mengingat volume penggunaan sampah masih terus mengalami peningkatan meski gencar dilakukan upaya edukasi.

Diketahui, pengelolaan sampah di Kabupaten Kediri sejauh ini dilakukan oleh Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R) yang tersebar di beberapa titik. Di antaranya melakukan pengolahan sampah menjadi kompos, memfilter resapan lindi TPA, serta pembakaran sampah.

“Makanya kita usulkan untuk TPST Sekoto dan Branggahan, nanti ada teknologi pengolahan sampah. Yang jelas harapannya bisa mengolah dan mengurangi sampah di Kabupaten Kediri,” urai Arman.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video