Siaga Bencana, Umaha Sidoarjo Latih Dosen dan Karyawan Tangani Kebakaran | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Siaga Bencana, Umaha Sidoarjo Latih Dosen dan Karyawan Tangani Kebakaran

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Mustain
Jumat, 26 April 2024 20:47 WIB

Simulasi penanganan kebakaran yang digelar Umaha Sidoarjo. Foto: MUSTAIN/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Universitas Maarif Hasyim Latif (Umaha) Sidoarjo menggelar pelatihan dan simulasi penanganan bencana alam dan kebakaran, Jumat (26/4/2024). Selain para karyawan dan mahasiswa, agenda tersebut juga diikuti para dosen, termasuk Rektor Umaha, Hidayatullah.

Pelatihan yang berisi simulasi kejadian kebakaran dan praktik memadamkan kobaran api memakai APAR (alat pemadam api ringan) ini juga diikuti perwakilan dari sekolah-sekolah YPM. Kegiatan itu mendatangkan narasumber dari petugas pemadam kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo.

Rektor Umaha menjelaskan, pelatihan penanganan bencana alam dan kebakaran ini bagian dari program K3 atau kesehatan dan keselamatan kerja. Sebagai institusi, kata Hidayatullah, Umaha Sidoarjo juga harus siap dan punya perhatian terhadap hal terkait.

Selain itu, diketahui akhir-akhir ini juga kerap terjadi bencana, baik kebakaran maupun bencana alam. Sehingga, Umaha Sidoarjo juga harus punya langkah antisipatif.

"Kita punya pemadam api ringan, tapi kalau tidak bisa menggunakan, tidak tahu jalur evakuasi, tidak tahu cara mengatasi bencana, ya percuma," kata Hidayatullah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video