Pengasuh Pondok Pesantren Cipasung Anggap Muktamar NU ke-33 tak Sah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pengasuh Pondok Pesantren Cipasung Anggap Muktamar NU ke-33 tak Sah

Selasa, 11 Agustus 2015 21:28 WIB

Gus Mus saat menyatakan bahwa pemilihan Rais Am dikembalikan ke AD/ART namun tak dihiraukan oleh panitia Muktamar.

CIPASUNG, BANGSAONLINE.com - Pengasuh Pondok Pesantren Cipasung Jawa Barat KH Ahmad Bunyamin Ruhiat, MSi menilai bahwa Muktamar NU ke-33 di alun-alun Jombang Jawa Timur tidak sah karena melalui proses yang tak sah. (Baca juga: Forum Lintas PWNU Tuntut Muktamar Ulang, Probolinggo Siap Jadi Tuan Rumah)

”Dari Tatibnya saja sudah tak benar. Jadi karena prosesnya tak benar, maka hasilnya tak sah,” kata adik kandung KH Ilyas Ruhiat, Rais Am Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 1992-1999 atau era KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagai Ketua Umum PBNU itu. (Baca juga: Rais Am dan Ketua Umum NU Produk AHWA Cacat Hukum)

Menurut dia, Muktamar NU ke-33 di alun-alun Jombang itu adalah Muktamar NU terburuk sepanjang Muktamar NU yang pernah dia ikuti. ”Kalau Muktamar NU di Cipasung, karena ada intervensi pemerintah. Tapi sekarang ini kan sesama NU kok seperti itu. Dari Muktamar Donohudan, Muktamar Makassar, maka Muktamar NU di alun-alun itu adalah yang terburuk,” kata A’wan PBNU yang kini sudah demisioner ini. (Baca juga: "Muktamar Jombang, Muktamar Terburuk Sepanjang Sejarah")

Ia juga tak habis pikir terhadap proses pemaksaan sistem Ahlul Halli Wal Aqdi (AHWA) sebagai pemilihan Rais Am Syuriah PBNU. ”Sejak awal sudah ada indikasi pemaksaan. Mulai dari registrasi sampai proses pemilihan Rais Am dalam Muktamar. Misalnya, ada forum syuriah, padahal sudah ada komisi organisasi. Tapi komisi organisasi yang memutuskan pelaksanaan AHWA ditunda pada Muktamar akan datang tak dihiraukan. Yang dipakai forum syuriah,” kata Kiai Ahmad Bunyamin rinci.

Rais Syuriah PCNU Tasikmalaya ini menilai ada kekuatan politik yang ikut bermain dalam Muktamar NU yang diwarnai kericuhan itu. Ia bahkan menyebut KH Ma’ruf Amin adalah seorang politisi. ”Dulu PKB lalu pindah ke PKNU,” katanya. (Baca juga: -apa-muktamar-pkb-pbnu-kenapa-diam" style="background-color: initial;">Gus Solah: Banyak Pertanyaan, ini Muktamar NU apa Muktamar PKB, PBNU Kenapa Diam?)

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   muktamar-nu

Berita Terkait

Bangsaonline Video