KPU Kota Batu Lantik 15 Anggota PPK, 60 persen Wajah Baru | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

KPU Kota Batu Lantik 15 Anggota PPK, 60 persen Wajah Baru

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Adi Wiyono
Kamis, 16 Mei 2024 20:03 WIB

Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto, saat menjawab pertanyaan awak media.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com Kota Batu secara resmi melantik 15 anggota PPK (panitia pemilihan kecamatan) di 3 kecamatan, yakni Junrejo, Batu dan Bumiaji. Ketua Kota Batu, Heru Joko Purwanto, memastikan hal tersebut.

Dari total anggota PPK, 40 persen di antaranya merupakan orang lama yang sebelumnya pernah menjadi anggota PPK pada Pileg dan Pilpres 2024, sedangkan 60 persennya adalah wajah-wajah baru. Heru turut menekankan pentingnya adanya kelangsungan melalui tongkat estafet atau kaderisasi untuk memastikan jalannya proses pemilihan ke depan.

"Diharapkan dengan adanya kombinasi antara anggota lama dan baru, proses tersebut dapat berjalan dengan baik," ujarnya, Kamis (16/5/2024).

Sebelum proses pelantikan dilakukan, kata Heru, terdapat 87 orang yang mendaftar sebagai anggota PPK Pilkada Kota Batu, mereka berasal dari berbagai kalangan dan organisasi. Ia menjelaskan, para calon anggota PPK menjalani uji tulis melalui komputer, di mana kemudian diseleksi menjadi 15 besar per kecamatan, atau menghasilkan 45 orang.

"Selanjutnya, seleksi dilakukan melalui wawancara untuk mempertajam jumlah menjadi 10 orang di setiap kecamatan. Dari ranking 1 hingga 5, mereka menjadi anggota PPK yang resmi dilantik, sedangkan urutan 6-10 menjadi cadangan atau menjadi pergantian antar waktu," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video