Harga Daging Sapi Melejit, Peternak Nilai Program Swasembada Sapi Gagal | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Harga Daging Sapi Melejit, Peternak Nilai Program Swasembada Sapi Gagal

Rabu, 12 Agustus 2015 14:14 WIB

Kandang sapi milik Khoirul Amin. (foto: rony suhartomo/BANGSAONLINE)

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Penyebab terjadinya kelangkaan dan melonjaknya harga daging di Kabupaten Jombang Jawa Timur, selain mininimnya ketersediaan di tingkat peternak juga disebabkan minimnya pasokan ke rumah pemotongan hewan (RPH) yang ada. Namun ini bukanlah pemyebab utama, beberapa kalangan menilai kurangnya pasokan tersebut dikarenakan gagalnya program swasembada yang dicanangkan pemerintah pada 2014 silam.

Ketua asosiasi peternak Kabupaten Jombang, Khoirul Amin mengatakan, kebijakan ini dinilai tidak tepat sasaran. menurutnya jika program ini berhasil seharusnya saat ini kondisi jumlah daging dalam negeri sudah mencukupi kebutuhan masyarakat, namun kenyataannya saat ini harga daging melonjak dan stock di kalangan peternak minim.

"Kebijakan swasembada kacau. Dan ada pemanfaatan dari oknum yang mengaku kelompok tani dengan mengambil keuntungan dari program pemerintah tersebut. Kalau pemerintah sudah menghitung secara benar terkait swasembada ini dan mengecek di lapangan, lalu kenapa harga di pasaran makin tinggi," ujarnya saat ditemui di kediamannya di Dusun Kandangan Desa Kepuhkembeng kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang Jawa Timur. Rabu (12/8/2015).

Amin menambahakan, dalam swasembada yang dicanangkan pemerintah, banyak sekali oknum yang menfaatkan program tersebut dengan data palsu dan abal-abal. Pemanfaatan tersebut dengan cara sesorang membuat CV kelompok tani plasu dan anggotanya berasal dari keluarganya untuk meperoleh bantuan tersebut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   sapi

Berita Terkait

Bangsaonline Video