​Gus Dur Enggan Dipanggil Kiai, Lebih Suka Dipanggil Gus, Alasannya Kocak | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gus Dur Enggan Dipanggil Kiai, Lebih Suka Dipanggil Gus, Alasannya Kocak

Editor: M Mas'ud Adnan
Selasa, 21 Mei 2024 07:28 WIB

KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Foto: detik.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – KH Abdurrahman Wahid yang akrab dipanggil adalah ulama yang dikenal berilmu tinggi dan luas serta berakhlak mulia. Wawasan dan keilmuannya mondial (mendunia) dan meliputi semua dimensi keilmuan, bukan hanya ilmu agama.

Secara nasab juga sangat tinggi. adalah putra KH Abdul Wahid Hasyim, pejuang kemerdekaan RI sekaligus pahlawan nasional yang terlibat aktif sebagai perumus dasar negara, Pancasila.

Kiai Wahid Hasyim dikenal cerdas dan berilmu tinggi serta luas. Saking luasnya ilmunya pada usia 23 tahun, Kiai Wahid Hasyim sudah masuk sebagai anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI)

juga cucu pendiri NU dan Pesantren Tebuireng, Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy’ari. Hadratussyaikh juga dikenal sebagai pejuang kemerdekaan RI yang sempat disiksa dan dipenjara oleh penjajah Jepang. Karena itu Presiden Soekarno menetapkan Hadratussyaikh sebagai pahlawan nasional.

Alhasil, baik dari segi keilmuan maupun nasab (keturunan) sangat layak atau pantas untuk dipanggil kiai. Tapi anehnya, justru enggan dipanggil kiai. Presiden RI ke-4 itu .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video