Tim Yankes Bergerak Pemprov Jatim Beri Layanan Kesehatan Gratis di Pulau Raas Sumenep | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tim Yankes Bergerak Pemprov Jatim Beri Layanan Kesehatan Gratis di Pulau Raas Sumenep

Editor: Novandryo W S
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Rabu, 22 Mei 2024 13:01 WIB

Tim Yankes Bergerak, Pemprov Jatim saat memberi layanan kesehatan gratis kepada masyarakat di Pulau Raas.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi melalui Dinas Kesehatan Provinsi mengirim 60 tenaga kesehatan ke Kabupaten , Madura pada tanggal 17-20 Mei 2024.

Tenaga kesehatan yang dikirim tergabung dalam Tim Pelayanan Kesehatan (Yankes) Bergerak. Selama 4 hari, melayani sebanyak 563 masyarakat.

Dengan rincian 323 pasien spesialistik di antaranya 128 orang tersebut dilakukan tindakan operasi, 92 pasien kesehatan tradisional, dan 148 orang sasaran Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM).

Pj Gubernur Adhy Karyono mengatakan, bahwa Yankes Bergerak ini merupakan sebuah bentuk komitmen sekaligus ikhtiar memberikan pe gratis bagi masyarakat Jatim, utamanya di wilayah kepulauan.

’’Tahun ini, Kepulauan Raas menjadi salah satu tujuan Pelayanan Kesehatan Bergerak. Pelayanan Kesehatan Bergerak, ini merupakan salah satu ikon program gubernur sejak 2019 yang bertujuan memberikan masyarakat di daerah terpencil dan terluar Jatim,” ujarnya Selasa (21/5/2024).

Pj Adhy menyebut kalau harus menempuh perjalanan darat dan laut dengan jarak tempuh hampir 12 jam. 

Sesampaimya di lokasi, para rombongan langsung memulai kegiatannya berpusat di Puskesmas Kecamatan Raas.

"Dukungan dari banyak pihak terutama rumah sakit yang ada di membuat program Yankes Bergerak ini lancar selama empat hari ini," kata Adhy.

Yankes Bergerak ini mendapat juga dukungan dari RSUD Dr Soetomo, RSUD Haji Prov. Jatim, RSUD Dr Saiful Anwar, RSUD Mohammad Noer, RS Mata Masyarakat , Organisasi Profesi Kesehatan Tradisional, Dinas Kesehatan Provinsi dan lintas sektor terkait (Dishub, BMKG, dan PT Dharma Dwipa Utama).

Sementara itu, Kepala Dinkes Jatim dr. Erwin Astha Triyono mengatakan, Yankes Bergerak pada Bulan Mei ini menyasar Kepulauan Raas dengan tujuan utamanya adalah mendekatkan akses bagi masyarakat di wilayah terpencil yang berada di wilayah kepulauan.

“Allhamdulillah respons masyarakat sungguh luar biasa. Banyak dari masyarakat sangat aktif untuk memeriksakan Kesehatan mereka atau hanya sebatas ingin melakukan check up tas kondisi kesehatan mereka,” jelasnya.

Tak hanya memberikan gratis, juga turut memberikan sosialisasi gerakan masyarakat meliputi kesehatan jiwa, kesehatan lingkungan, dan gizi masyarakat.

Di bidang kesehatan jiwa, meluncurkan timnya ke beberapa titik di Kepulauan Raas untuk melakukan skrining kejiwaan bagi masyrakat kelompok usia dewasa, remaja, dan anak-anak di puskesmas serta Pondok Pesantren Sirajul Akhyar.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video