Dinas Pendidikan Jawa Timur Sebut Ada Sedikit Perbedaan pada Jalur Zonasi PPDB 2024 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dinas Pendidikan Jawa Timur Sebut Ada Sedikit Perbedaan pada Jalur Zonasi PPDB 2024

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Senin, 27 Mei 2024 22:26 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jalur zonasi pada atau penerimaan peserta didik baru tahun ini sedikit berbeda dibanding tahun sebelumnya. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala UPT Teknologi Informasi Komunikasi dan Pendidikan (TIKP) Dinas Pendidikan Jawa Timur, Mustakim.

"Dengan kuota 50 persen, ini terbagi dalam persentase 30 persen zonasi radius berdasarkan titik lokasi tempat tinggal calon peserta didik baru, dan 20 persennya adalah zonasi sebaran di mana semua kelurahan yang terdaftar dalam satu zonasi akan kebagian jatah untuk masuk di sekolah yang berada di zonasi yang sama," ujarnya, Senin (27/5/2024).

Selain jalur zonasi, ia mengatakan bahwa siswa bisa memilih jalur prestasi nilai akademik, yakni pemeringkatan berdasarkan persentase penjumlahan antara nilai rapor dengan bobot 50 persen, ditambah dengan nilai akreditasi sekolah 20 persen dan 30 persennya diambilkan dari nilai indeks sekolah asal.

"Nilai indeks sekolah asal merupakan rata-rata nilai kakak kelas dari SMP asal yang kini bersekolah di SMAN dan SMKN se-Jawa Timur," tuturnya.

Selain kedua jalur tersebut, disediakan juga jalur afirmasi bagi siswa tidak mampu, jalur prestasi hasil lomba, juga jalur pindah tugas orang tua bagi siswa yang orang tuanya dipindahtugaskan minimal antarkabupaten/kota.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video