Pemkot Pasuruan Launching Gardu Siaga Jaring TBC | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemkot Pasuruan Launching Gardu Siaga Jaring TBC

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Supardi
Selasa, 28 Mei 2024 20:18 WIB

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul, saat meresmikan Gardu Siaga TBC.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkot Pasuruan berkomitmen dalam percepatan eliminasi tuberkulosis dengan melaunching Gardu Siaga yang diresmikan oleh Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa , Selasa (28/5/2024).

Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa saat ini beberapa penyakit menular masih menjadi masalah kesehatan di Kota Pasuruan, salah satunya adalah yang harus ditangani secara tuntas di tahun 2024.

“Di Kota Pasuruan, masih ada beberapa kasus penyakit yang belum mampu kita atasi sepenuhnya dari ukuran yang telah ditetapkan oleh Pemerintah yakni dengan metode TOS (Temukan, Obati, Sampai Sembuh),” ujarnya.

menyebutkan, hal tersebut terjadi karena masih adanya stigma dan diskriminasi pada pasien dapat menjadi hambatan bagi mereka untuk menjalani pengobatan.

“Perlu dipahami bahwa dapat disembuhkan melalui pengobatan rutin hingga tuntas. Banyak kasus penyakit yang tidak mau diobati sampai sembuh karena diluar sana masih ada stigma buruk tentang ,” tuturnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, ia menegaskan perlunya pendekatan yang baik agar para pasien dapat merasa aman dan nyaman untuk berobat.

“Yakinkan bahwa penyakit bisa diobati agar tidak menular kepada yang lain. Pasien harus kita rangkul dan diberi penjelasan dengan kasih sayang sebab jika kita salah dalam melakukan pendekatan, maka ada ketakutan yang dirasakan oleh pasien ,” ucapnya.

Dalam percepatan eliminasi , Wali Kota menyebutkan, sudah sepatutnya menjadi peran bersama dalam mendukung pasien yang terinfeksi untuk dapat menjalani pengobatan hingga tuntas.

“Dinas kesehatan tidak bisa mengatasi ini sendirian, perlu kerjasama dengan pihak swasta, fasilitas kesehatan dimiliki oleh swasta yang sudah seharusnya turut serta untuk mengambil peran positif dalam rangka mengatasi masalah di Kota Pasuruan, kata

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video