Western Sydney University Buka Kampus di Surabaya, Adhy Karyono: Pemprov Jatim Siap Mendukung | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Western Sydney University Buka Kampus di Surabaya, Adhy Karyono: Pemprov Jatim Siap Mendukung

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Rabu, 29 Mei 2024 21:44 WIB

Pj Gubernur Jatim bersama petinggi Western Sydney University di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Western Sydney University (WSU) dipastikan akan segera membuka kampusnya di Surabaya. Pendidikan program sarjana di 5 prodi akan segera diuji coba pada September tahun ini.

Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, memastikan bahwa pihaknya siap untuk mendukung kelancaran kegiatan belajar mengajar kampus ternama dunia tersebut di Kota Pahlawan. Diyakini dengan dibukanya kampus WSU ini akan semakin meningkatkan kualitas SDM dan pendidikan di Jawa Timur.

“Keberadaan Western Sydney University mencetak SDM unggul, berdaya saing, berkontribusi dalam perkembangan ekonomi Indonesia, serta mendukung pertumbuhan industri manufaktur di Jatim melalui bidang pendidikan inovasi digital," ujarnya saat menerima audiensi petinggi Western Sydney University di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (29/5/2024).

Dijelaskan, Western Sydney University di Surabaya ini rencana membuka 5 jurusan program studi unggulan terkait inovasi digital jenjang strata satu (S1). Antara lain Bachelor of Data Science, Bachelor of Computer Science, Bachelor of Information, Communication and Technology (ICT), Bachelor of Electrical Engineering, dan Bachelor of Business in Applied Science

juga akan menyosialisasikan ke sekolah-sekolah maupun komunitas untuk menjelaskan rencana 5 penjurusan WSU di Jatim. Dengan demikian mampu memberikan pemahaman dan menjaring sesuai minat dan bakat mereka,” ujarnya.

Adhy berharap, ke depan WSU menambah atau memperluas program studi lain. Utamanya yang erat berkaitan dengan pendidikan, salah satunya pendidikan riset yang berkelanjutan.

"Wakil Rektor WSU menyambut baik dan menawarkan kerjasama mengenai sustainable development dan beberapa bidang lainnya,” tandasnya.

Tidak sekadar bidang pendidikan, tetapi hadirnya WSU juga membawa angin segar di bidang industri manufaktur. Sebab, pendidikan memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi, karena tenaga kerja yang terdidik cenderung lebih produktif dan mampu memperkenalkan inovasi baru ke dalam pasar.

Adhy menambahkan pengembangan pendidikan terhadap implementasi yang terkait dengan manufaktur akan dikoneksikan dan dikomunikasikan dengan pemerintah Australia Barat agar dapat bekerjasama di bidang manufaktur. Termasuk kerjasama di bidang pariwisata untuk membuka potensi join project mendatangkan wisatawan Australia ke destinasi di Jatim.

"Hal ini tentunya sangat membantu meningkatkan daya saing ekonomi dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan bagi kedua negara," jelasnya.

Bagi Adhy, kehadiran perguruan tinggi asal Australia yang pertama di Jatim tidak sekadar mencetak sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing global, namun turut meningkatkan industri manufaktur dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Rencananya September 2024 WSU mulai uji coba dan Februari 2025 sudah publish menerima mahasiswa baru,” katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video