Inflasi Kota Kediri Terendah di Jawa Timur | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Inflasi Kota Kediri Terendah di Jawa Timur

Kamis, 13 Agustus 2015 17:47 WIB

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Inflasi Kota Kediri pada bulan Juli tercatat cukup rendah, yaitu 0,52% dan secara kumulatif sampai dengan bulan Juli 2015 terjaga di level 0,56% (ytd). Ini membuat angka inflasi di Kota Kediri menjadi terendah di antara 8 kota yang dihitung angka Indeks Harga Konsumennya di Jawa Timur.

Tekanan harga pada bulan Juli terutama berasal dari kelompok komoditas pangan bergejolak (volatile foods) yang mengalami inflasi sebesar 1,18% (mtm) dan menyumbang inflasi sebesar 0,21% (mtm). Beberapa komoditas yang tercatat memberikan kontribusi relatif tinggi terhadap inflasi bulan Juli antara lain daging ayam ras (0,15%), kelapa (0,07%), beras (0,06%), dan cabai rawit (0,06%).

Di samping itu, kenaikan harga yang cukup signifikan juga terjadi pada angkutan antarkota yang menyumbang inflasi 0,12% (mtm).

Kendati capaian inflasi sampai dengan bulan Juli terkendali, namun ke depan terdapat beberapa potensi risiko tekanan terhadap harga-harga yang menjadi perhatian Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), seperti cuaca yang lebih kering karena dampak el nino, kemungkinan kenaikan tarif cukai tembakau, penyesuaian tarif/biaya pendidikan pada tahun ajaran baru, dan pengaruh ekonomi global terhadap nilai tukar.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   pemkot kediri

Berita Terkait

Bangsaonline Video