Pemprov Jatim Sabet 2 Penghargaan di Puncak Peringatan Hari Kearsipan ke-53 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemprov Jatim Sabet 2 Penghargaan di Puncak Peringatan Hari Kearsipan ke-53

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Jumat, 31 Mei 2024 22:01 WIB

Pj Sekdaprov Jatim, Bobby Soemiarsono, saat menerima penghargaan di Puncak Peringatan Hari Kearsipan ke-53.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com berhasil meraih 2 penghargaan dalam Puncak Peringatan Hari Kearsipan ke-53 yang dirangkai dengan Rakornas Kearsipan Tahun 2024 di Kalimantan Timur.

Apresiasi itu diserahkan langsung oleh Plt Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto, dan Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan, Andi Kasman, kepada , Adhy Karyono, yang diwakili , Bobby Soemiarsono.

Adapun penghargaan yang diserahkan, pertama yakni Anugerah Khasanah Arsip Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) 'Indonesian Sugar Research Institute’s Archives 1887-1986 Period: The Role of ISRI’s Activities to the World Sugar Industry' sebagai Memory of the World Committee for Asia and the Pasific Regional Register (MOWCAP) l Tahun 2024.

Penghargaan MOWCAP ini sendiri sebelumnya telah diserahkan oleh Chairman MOWCAP, Kim Kwibae kepada Plt Kepala ANRI, Imam Gunarto, di Ulaan Batoor, Mongolia, (8/5/2024) lalu.

Penghargaan MOWCAP ini diberikan sebagai pengakuan atas komitmen dalam menyelamatkan, melestarikan dan memelihara kekayaan arsip budaya dan sejarah yang berharga yang memiliki nilai signifikansi nasional, Asia Pasific, bahkan dunia. Dalam hal ini, mendokumenter arsip Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) yang berlokasi di Kota Pasuruan.

Kemudian penghargaan kedua yaitu sebagai Pemerintah Daerah Provinsi Terbaik Keempat Nasional dengan kategori AA 'Sangat Memuaskan' berdasarkan hasil pengawasan kearsipan Tahun 2023.

Atas diterimanya dua penghargaan ini, Adhy menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya. Menurut dia, terus berkomitmen untuk meningkatkan upaya pelestarian arsip dan memastikan akses masyarakat terhadap informasi sejarah yang penting.

"Pemberian penghargaan ini menjadi momentum penting bagi Provinsi Jatim untuk terus bergerak maju dalam upaya pelestarian dan pengembangan kekayaan arsip budaya. Dengan kerja sama lintas sektor dan dukungan masyarakat, kami yakin Jatim akan mampu menjaga warisan sejarah bagi generasi mendatang," ujarnya di Surabaya, Kamis (30/5/2024).

Tidak hanya itu, Adhy juga mengapresiasi seluruh elemen kearsipan Provinsi Jatim yang terlibat dalam proses penyelamatan, akuisisi, preservasi, alih media, restorasi, diseminasi hingga layanan arsip yang selama ini telag dilakukan.

, lanjut Pj. Gubernur Adhy, akan terus memberikan kontribusi signifikan dalam menjaga warisan budaya bangsa. Yakni melalui upaya berkelanjutan dan terus menerus dalam pengumpulan, pengelolaan, preservasi dan diseminasi arsip.

"Tentu penyelamatan dan preservasi arsip tidak akan berakhir setelah penghargaan ini diterima. Justru anugerah ini harus menjadi inspirasi kuat dan konsistensi untuk terus menggali potensi infomasi lain yang memiliki nilai signifikansi nasional, regional bahkan dunia," kata Adhy.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video