Ribuan Onthelis Serbu SLG, Putri Kediri Juarai Lomba Karnaval Perorangan Ngonthel Berbudaya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ribuan Onthelis Serbu SLG, Putri Kediri Juarai Lomba Karnaval Perorangan Ngonthel Berbudaya

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Minggu, 02 Juni 2024 18:48 WIB

Ribuan pesepeda tua saat antre untuk diberangkatkan. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSONLINE.com - Ribuan onthelis atau sebutan bagi pesepeda tua dari beberapa kota di Jawa Timur, Jogja dan Jawa Tengah, tumplek blek di kawasan Terminal , Kabupaten Kediri, Minggu (2/6/2024). Mereka datang untuk mengikuti ngonthel berbudaya bareng Mas Bup dan Kosti Kediri dalam rangka ikut memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220.

Kegiatan diawali dengan upacara ala onthelis yang dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Dodi Purwanto, dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo, beserta aparat gabungan dari TNI-Polri.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan pagelaran tari jaranan, kemudian dilanjutkan pemberangkatan oleh Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri dan Ketua Kosti Kediri, H. Ardi.

Ribuan peserta yang memakai atribut baju adat sesuai tema Kediri berbudaya, juga banyak yang mengenakan pakaian tempo dulu dan pakaian unik lainnya. Ketua Kosti Kediri, Ardi, mengatakan bahwa sebelum acara ngonthel bareng dilaksanakan, dilaksanakan terlebih dulu lomba balap sepeda tua cepat dan lomba sepeda lambat.

"Saat acara ngonthel bareng ini, juga dilakukan penilaian untuk peserta yang ikut lomba karnaval baik perseorangan maupun beregu, " ucapnya.

Tujuan dilaksanakan lomba tersebut, lanjut Ardi, adalah untuk mempersiapkan atlet pada Forda (Festival Olahraga Rekreasi Daerah) Jatim maupun Forda Nasional yang akan digelar pada tahun 2025 mendatang di Lombok.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video