Menteri Sandiaga Uno Segera Resmikan Wisata Religi Makam Kiai Abdul Chalim Leuwimunding | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Menteri Sandiaga Uno Segera Resmikan Wisata Religi Makam Kiai Abdul Chalim Leuwimunding

Editor: M Mas'ud Adnan
Kamis, 06 Juni 2024 12:24 WIB

Suasana rapat koordinasi persiapan peresmian penetapan destinasi nasional komplek makam pendiri NU dan pahlawan nasional KH Abdul Chalim di Pondok Pesantren Amanatul Ummah 02 Leuwimunding Majalengka, Selasa (4/6/2024). Tampak Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, dan Direktur Pengembangan Pariwisata Kemenparekraf Sri Utari Wiyastuti. Foto: M Mas'ud Adnan/bangsaonline

MAJALENGKA, BANGSAONLINE.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bakal berkunjung ke Desa Leuwimunding Majalengka. Menteri yang dikenal santun itu akan meresmikan makam pahlawan nasional KH Abdul Chalim Leuwimunding Majalengka Jawa Barat.

Rencana kehadiran Sandiaga Uno itu dibahas dalam rapat koordinasi persiapan peresmian penetapan destinasi nasional komplek makam pendiri NU dan pahlawan nasional KH Abdul Chalim di Pondok Pesantren Amanatul Ummah 02 Leuwimunding Majalengka, Selasa (4/6/2024).

“Ahamdulillah bapak menteri menyambut baik peresmian destinasi religi ni. Sekarang kami dari Kementerian Parekraf hadir full,” kata Direktur Pengembangan Pariwisata Kemenparekraf Sri Utari Wiyastuti sembari memperkenalkan satu persatu rombongan dari Kemeparekraf Jakarta, termasuk bagian umum dan protokol yang mengatur kunjungan Menteri Sandiaga Uno.

Hadir dalam acara rapat koordinasi itu antara lain Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, putra KH Abdul Chalim yang juga pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur.

Juga hadir Sekda Kabupaten Majalengka, Eman Suherman dan kepala dinas pariwisata serta pejabat lain Pemerintah Kabupaten Majalengka. Selain itu juga hadir para pejabat dinas pariwisata Provinsi Jawa Barat, disamping pejabat yang lain.

Juga hadir Ketua Pergunu Jawa Barat Saepulloh, Prof Dr Abdul Halim, dosen UINSA Surabaya dan Syafruddin Jaya, Kepala Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah 02 Leuwimunding Majalengka Jawa Barat.

Prasasti makam pahlawan nasional KH Abdul Chalim di Leuwimunding Majalengka Jawa Barat. Foto: M. Mas'ud Adnan/bangsaonline

Bahkan para kuwu (kepala desa) Leuwimunding, Camat Leuwimunding, Danramil Leuwimunding, Kapolsek Leuwimunding juga kompak hadir.

Menurut Sri Utari Wiyastuti, potensi destinasi pariwisata sangat bagus. Apalagi sekarang sudah banyak peziarah yang datang ke makam kiai yang pernah menjadi anggota MPRS itu. Bahkan peziarah mencapai 3.000 hingga 4.000 orang dalam sebulan.

“Ini potensi bagus,” kata Sri Utari saat memberikan sambutan di depan dan para hadirin yang hadir.

menyambut baik kedatangan para pejabat dari Kemenparekraf ke Pesantren Amanatul Ummah 02 Leuwimunding Majalengka. Sekedar informasi, berada di seberang Pondok Pesantren Amanatul Ummah 02. Jadi masih dalam lingkunga Amanatul Ummah.

yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PP Pergunu) itu mengucapkan terima kasih terhadap atensi atau kepedulian pemerintah – dalam hal ini Kemenparekraf – yang cukup tinggi terhadap Kiai Abdul Chalim.

Ia bercerita bahwa Pesaantren Amanatul Ummah 02 ini baru ia dirikan.Tapi perkembangannya sangat pesat. Menurut dia, Amanatul Ummah 02 mengikuti jejak Amanatul Ummah di Surabaya dan Pacet Mojokerto yang santrinya diterima di berbagai perguruan tinggi tinggi negeri (PTN) dan bahkan luar negeri.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video