Begini Cara Pemkot Kediri Kendalikan Inflasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Begini Cara Pemkot Kediri Kendalikan Inflasi

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 06 Juni 2024 22:03 WIB

Kepala Diskominfo Kota Kediri, Apip Permana (kiri), dan Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Kota Kediri, Tetuko Erwin Sukarno (tengah). Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri yang terdiri dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Bagian Administrasi Perekonomian, KPwBI Kediri, Perum Bulog Cabang Kediri, mengusung ide baru dalam mengendalikan inflasi dengan memanfaatkan kemutakhiran Teknologi Informasi (TI).

Hal tersebut dibahas dalam Rapat Koordinasi bersama Dinas Komunikasi dan Informatika dalam giat bertajuk 'Menuju Digitalisasi Pengendalian Inflasi Kota Kediri', Kamis (6/6/2024). 

Guna memaksimalkan rancangan program, akan bekerja sama dengan Diskominfo selaku OPD yang mengawal percepatan terwujudnya digitalisasi layanan di Kota Tahu.

Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Kota Kediri, Tetuko Erwin Sukarno, mengatakan bahwa rapat membahas beberapa materi, di antaranya kerja sama antara pemerintah daerah setempat dengan Bank Indonesia untuk mendukung urban farming, serta digitalisasi program Operasi Pasar (OP).

“Jadi urban farming merupakan upaya kita untuk mendukung ketersediaan pasokan bahan pangan terutama sayur-sayuran. Kita berharap dengan berkolaborasi dengan KPw BI Kediri nanti terutama dengan para mahasiswa penerima Beasiswa BI (Generasi Baru Indonesia) Genbi bisa memberdayakan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kota Kediri,” paparnya.

Menurut dia, program pertanian di perkotaan itu bakal menyasar Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kota Kediri, yang mana saat ini ada 54 KWT secara total. Selain dukungan program urban farming, KPw BI Kediri juga akan mendukung digitalisasi OP.

Selama ini, kata Erwin, program OP yang dilakukan masih berbasis manual, untuk itu dengan memanfaatkan kemutakhiran teknologi, akan beralih menggunakan sistem digital.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video