BRIN Sebut Teknologi Ruang Angkasa Bisa Tingkatkan Perekonomian dan Pertahanan Indonesia | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

BRIN Sebut Teknologi Ruang Angkasa Bisa Tingkatkan Perekonomian dan Pertahanan Indonesia

Editor: Annisa'a Ambarnis
Jumat, 07 Juni 2024 13:31 WIB

BRIN Sebut Teknologi Ruang Angkasa Bisa Tingkatkan Perekonomian dan Pertahanan Indonesia. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Badan Riset dan Inovasi Nasional () menyebutkan bahwa bisa menjadi salah satu peluang alternatif dalam meningkatkan perekonomian Indonesia.

Laksana Tri Handoko selaku kepala mengatakan bahwa saat ini pemanfaatan untuk perekonomian adalah untuk keperluan telekomunikasi.

Handoko menyampaikan bahwa atau kedepannya dapat menjadi alternatif.

Remote sensing yang basisnya merupakan citra data yang diambil dari yang kita olah, dan hal itu bisa menjadi produk yang dijual kepada pengguna.

"Misalnya bagaimana bisa mengamati perkebunan sawit, melihat kebakaran hutan dan mengukur sawah yang akan panen," ujar Handoko.

Namun, saat ini kebutuhan akan data citra Indonesia masih membeli dari pihak lain dengan harga yang cukup besar yakni Rp 475 miliar tiap tahun.

"Lebih baik Rp 475 miliar itu untuk investasi bangun dan jualan data. Jadi sebenarnya secara finansial tidak terlalu muluk-muluk, yang dibutuhkan minimal enam yang kombinasi berbasis optikdan juga berbasis radar," jelas Handoko.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video