Banyak yang Bolos, Sidang Paripurna DPRD Jatim Lengang, Gubernur Prihatin | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Banyak yang Bolos, Sidang Paripurna DPRD Jatim Lengang, Gubernur Prihatin

Jumat, 14 Agustus 2015 22:43 WIB

MELOMPONG - Kondisi ruang sidang yang lengang karena anggota dewan banyak yang bolos. (foto: realita)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Suasana sidang paripurna istimewa DPRD Jawa Timur dengan agenda "Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI pada Hari Jumát 14 Agustus 2015" tampak lengang. Pasalnya, dari 100 orang anggota DPRD Jawa Timur yang hadir hanya 49 orang. Sedangkan 61 orang sisanya bolos atau tak hadir dengan alasan ijin maupun abstain.

Ironisnya lagi, dari 5 orang pimpinan DPRD Jawa Timur, yang hadir hanya 2 orang, yaitu Achmad Iskandar wakil ketua DPRD Jawa Timur dari FPD dan Soenarjo wakil ketua DPRD Jawa Timur dari FPG. Sedangkan ketua DPRD Jatim, Abdul Halim Iskandar dari FPKB, Kusnadi wakil ketua DPRD dari FPDIP dan Tjutjuk Sunario wakil ketua DPRD dari Fraksi Gerindra tidak hadir.

Untuk memenuhi kursi para wakil rakyat Jawa Timur yang kosong, terpaksa sekretariat DPRD Jatim menyuruh para staf sekretariat DPRD Jawa Timur supaya duduk di kursi paripurna agar terlihat dan terkesan penuh.

Namun Gubernur Jawa Timur Soekarwo tidak bisa dibohongi. Tak pelak usai sidang paripurna istimewa, orang nomor satu di lingkungan Pemprov Jatim langsung menyatakan kekecewaannya.

"Saya suruh sekretariat membuat surat resmi. Sekretaris harus sampaikan ke pimpinan dewan yang tidak hadir harus diperingatkan," tegas Pakde Karwo panggilan akrab Soekarwo, Jumat (14/8).

Menurut Pakde Karwo, persoalan sidang paripurna istimewa 17 Agustusan itu produk sekretariat, dan bukan urusan administrasi saja. Jadi biar nanti diselesaikan pimpinan bahwa itu tidak betul.

"17 Agustus, acara seperti ini tidak hadir, yah saya sangat prihatin sekali. Saya juga minta Fraksi Partai Demokrat memberikan surat tembusan ke saya, yang tak hadir itu masih mau terus atau tidak," tegas pria yang juga menjabat ketua DPD PD Jatim ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   dprd jatim

Berita Terkait

Bangsaonline Video