Kesemek Glowing asal Kota Batu, Mulai Diminati Masyarakat Indonesia Hingga Mancanegara | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kesemek Glowing asal Kota Batu, Mulai Diminati Masyarakat Indonesia Hingga Mancanegara

Editor: Arief Rahardjo
Wartawan: Adi Wiyono
Jumat, 14 Juni 2024 19:20 WIB

Petani Kesemek Glowing dari Kota Batu bersama petugas Dinas Pertanian saat melihat hasil panen. Foto: Dok. Diskominfo Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Kesemek tanpa bedak asak Kota Batu, mulai menjadi perhatian masyarakat di berbagai daerah di Indonesia, hingga di mancanegara, seperti Singapura, Malaysia dan Taiwan.

Buah Kesemek ini, memiliki ciri khas berbeda, dengan kesemek konvensional yang biasanya kecil dan diselimuti bedak putih. Namun, Kesemek dari Kota Batu ini, memiliki ukuran yang lebih besar, tampilan yang bersinar, serta memiliki rasa yang lezat.

Seorang petani di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Suparman, berhasil menciptakan inovasi baru dengan menghasilkan kesemek tanpa bedak yang mampu bersaing di pasar lokal maupun internasional.

Menurut dia, kesemek ini, diminati masyarakat, karena memiliki rasa yang berbeda dengan tampilan glowing.

"Dengan adanya kesemek tanpa bedak putih dari Kota Batu, sekarang masyarakat semakin tertarik untuk mencicipi buah ini karena rasanya yang berbeda dengan kesemek biasa," ujar Maman panggilan akrab Suparman.

Selain itu, Kesemek asal Kota Batu ini, menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang ingin merasakan sensasi baru dalam menikmati kesemek yang unik dan langka.

Keberhasilan Supartan dalam menciptakan kesemek glowing juga memberi memotivasi para petani lain di daerah tersebut, untuk itu, dia terus berinovasi dan mengembangan produk pertanian yang berkualitas dan diminati di pasaran.

"Sekarang permintaan pasar begitu tinggi sementara produksi buah kesemek di Bumiaji jumlahnya sangat terbatas. oleh karena itu kami mengajak teman-teman petani untuk kembali menanam kesemek peninggalan belanda, karena kedepannya sangat menjanjikan" ujarnya

Karena, lanjutnya, para konsumen di Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, serta berbagai daerah lain di Indonesia, memberikan respon positif terhadap kesemek glowing asal Kota Batu.

Para petani melakukan pengecekan hasil panen dari Kota Batu

"Mereka menyukai rasa yang unik dan tampilan yang menarik dari buah kesemek asal kota Batu," ungkapnya

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, Harijadi Agung menambahkan, Kesemek glowing Kota Batu, bukan hanya sekedar buah, tetapi menjadi identitas dari Kota Batu yang kaya akan potensi pertanian.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video