Benarkah Bung Karno Lahir di Jombang? Sosok ini Berani Bersumpah soal Kelahiran Sang Proklamator | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Benarkah Bung Karno Lahir di Jombang? Sosok ini Berani Bersumpah soal Kelahiran Sang Proklamator

Editor: Novandryo
Wartawan: Muji Harjita
Rabu, 26 Juni 2024 11:09 WIB

Buku Bung Karno Putera Fajar

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ada yang meyakini jika Proklamator lahir di Kecamatan Ploso, Kabupaten . Bukan di Surabaya seperti yang ditulis di beberapa buku sejarah.

Keyakinan bahwa kelahiran Soekarno yang saat bayi bernama Koesno di itu disampaikan oleh Ketua Harian , Kecamatan Wates, Kabupaten , R. Kushartono.

Dalam rilis yang diterima BANGSAONLINE, Kushartono menceritakan bahwa baru-baru ini ada sosok saksi yang berani bersumpah bahwa Lahir di yang diungkapkan oleh Keluarga di .

" sendiri menyampaikan dalam biografi Soekarno karya Cindy Adams. Pada halaman 23 jelas dituliskan: Satu-satunya saksi yang bisa bersumpah, siapa sejatinya ayahku, dan menjadi saksi bahwa aku benar-benar dilahirkan oleh ibuku, sudah lama meninggal," kata Kushartono, Rabu (26l/06/2024).

Menurut Kus, nampaknya belum ada sejarawan yang meneliti siapa orang yang dimaksud ini.

Sampai peringatan Harlah ke-122 tahun 2024 ini, ia belum pernah mendengar ada sejarawan yang mengungkapkan siapa sebenarnya saksi yang berani bersumpah sebagaimana dimaksud oleh itu.

Sementara menurut Kus, jika mencermati buku Penyambung Lidah Rakyat, telah menyampaikan peran sosok yang dimaksud.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video