Apel Kota Batu Ajak DLH Cari Solusi Bersama Selesaikan Sampah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Apel Kota Batu Ajak DLH Cari Solusi Bersama Selesaikan Sampah

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Adi Wiyono
Rabu, 26 Juni 2024 18:00 WIB

Andi Faisal Hasal, Wakil Ketua Apel Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Asosiasi Petinggi dan Lurah (Apel) Kota Batu mendorong Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu dan masyarakat untuk bergandengan tangan mencari solusi menyelesaikan permasalahan sampah.

"Semua pihak di Kota Batu harus bersatu dan duduk bersama, termasuk Pemerintah Kota Batu, DLH, komunitas pecinta lingkungan, dan lainnya yang peduli terhadap persoalan sampah. Dengan berdiskusi bersama, kita dapat menemukan solusi yang tepat." kata Wakil Ketua Apel Kota Batu, Andi Faisal Hasan.

Andi mengaku telah mengusulan pertemuan dengan Pemerintah Kota Batu dan disetujui oleh Kepala , meskipun belum ada kepastian mengenai jadwal pelaksanaannya.

"Perlu kita bahas terkait keberadaan tempat pembuangan akhir (TPA) di Kota Batu. Kita tidak boleh merasa bangga jika Kota Batu tidak memiliki TPA yang memadai. Bagaimana dengan residu sampah yang harus dikelola? Hal ini menjadi tanggung jawab bersama yang harus segera kita diskusikan, kami mendesak segera adanya TPA yang representatif," katanya.

TPA representatif, TPA baru, kata dia, adalah salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan sampah yang semakin meningkat.

Ia optimis dengan adanya TPA yang baru dilengkapi dengan konsep dan pengelolaan yang baru pula, akan membantu dalam menyusun solusi yang lebih efektif dalam penanganan sampah di Kota Batu.

Andi Faisal mengungkapkan, dalam pengelolahan sampah, pemerintah desa telah memberikan support anggaran tambahan pada tahun 2023 sebanyak 2 persen dari pendapatan asli daerah (PAD) Kota Batu.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video