Sinkronisasi Database, Kanwil Kemenkumham Jatim Gelar Sosialisasi Tata Cara Penghapusan Fidusia | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sinkronisasi Database, Kanwil Kemenkumham Jatim Gelar Sosialisasi Tata Cara Penghapusan Fidusia

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Catur Andy Erlambang
Kamis, 27 Juni 2024 14:33 WIB

Sosialisasi tata cara penghapusan Fidusia dan audit kepatuhan PMPJ bagi notaris wilayah Malang Raya.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Penghapusan Fidusia menjadi hal penting bagi para pihak yang terlibat dalam sistem jaminan. Oleh karena itu, menggelar sosialisasi Tata Cara Penghapusan Fidusia dan Audit Kepatuhan PMPJ bagi Notaris wilayah Malang Raya, Kamis (27/6/2024).

Agenda tersebut dibuka oleh Kadiv Yankum dan HAM , Dulyono, serta dihadiri Ketua Pengurus Wilayah INI Jatim, Issy Karimah Syakir, memberikan keynote speech. Kegiatan ini juga menghadirkan narsumber dari Direktur Perdata Ditjen AHU Ani Turbiana dan dari Direktur TI Ditjen AHU Utami Nurwiati.

Dalam sambutannya Kadivyankum menegaskan bahwa penghapusan fidusia memiliki beberapa tujuan penting antara lain agar tertib administrasi, kepastian hukum bagi debitur, meningkatkan kepercayaan investor. 

"Selanjutnya adalah pencegahan terjadinya sengketa dan meningkatkan efektivitas sistem jaminan," ujarnya.

Dikatakan tertib administrasi, kata Dulyono, karena penghapusan fidusia memastikan bahwa status benda objek jaminan fidusia yang telah lunas atau habis masa berlakunya tercatat dengan benar. 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: Humas Kemenkumham Jatim

 

sumber : Humas Kemenkumham Jatim

Berita Terkait

Bangsaonline Video