Lestarikan Kesenian Jaranan Kadiren, Pemkot Kediri Gelar Festival di Area Wisata Goa Selomangleng | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Lestarikan Kesenian Jaranan Kadiren, Pemkot Kediri Gelar Festival di Area Wisata Goa Selomangleng

Editor: Novandryo W S
Wartawan: Muji Harjita
Senin, 08 Juli 2024 09:34 WIB

Salah satu peserta festival jaranan saat beraksi (dok Ist)

KOTA KEDIRI,BANGSAONLINE.com - Kesenian jaranan sangat melekat erat dengan kebudayaan masyarakat di Jawa Timur, utamanya di

Menyadari hal ini, Pemerintah terus berkomitmen untuk melakukan berbagai upaya guna melestarikan kesenian kadiren tersebut. 

Salah satunya melalui festival jaranan yang digelar di area wisata , .

Festival jaranan ini digelar selama dua hari yakni Minggu (30/6/2024) dan Minggu (7/7/2024). 

Diikuti oleh 6 peserta kelompok yang ada di . Di mana masing-masing kecamatan mengirimkan dua perwakilannya untuk berkompetisi menampilkan aksi terbaik mereka.

Mandung Sulaksono, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat sangat mengapresiasi acara yang digawangi oleh Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Pariwisata ini. 

Menurutnya perhelatan semacam ini penting untuk digelar guna menjaga dan melestarikan adat ketimuran yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

"Kesenian jaranan adalah bagian dari budaya asli Indonesia utamanya yang harus kita jaga dan kita lestarikan. Sebab hal inilah yang membentuk identitas dan jati diri kita sebagai negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai leluhur menjadikan kita bangsa yang berbudaya," tutur dia.

Ia berharap kedepan festival jaranan ini terus terlaksana dan dikemas semakin luar biasa lagi. 

"Ini adalah budaya asli kita, kita harus bangga. Kami sangat mengapresiasi kiprah dari rekan-rekan pelaku seni jaranan di yang terus berdiri tegak melestarikan kebudayaan kebanggaan kita ini,"tandasnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Zachrie Ahmad, kepala Disbudparpora , melalui kegiatan ini pihaknya bertujuan untuk memunculkan jati diri dan ciri khas .

"Selain sebagai wadah bagi para seniman jaranan di , melalui kegiatan ini kami juga ingin mengedukasi masyarakat tentang jati diri atau ciri khas dari itu seperti apa," tutur Zachrie.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video