​ITS Borong 6 Gelar Juara di Kontes Robot Indonesia 2024 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

ITS Borong 6 Gelar Juara di Kontes Robot Indonesia 2024

Editor: MMA
Wartawan: Mohammad Sulthon Neagara
Senin, 08 Juli 2024 18:31 WIB

Suasana kemeriahan dan kegembiraan Kontes Robot Indonesia 2024

SURABAYA, BANGSAONLINE.com -Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memborong enam gelar juara dari tujuh kategori yang diikuti di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024. Kontes robot berskala nasional itu digelar di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jumat (5/7) malam.

Dari ke enam juara tersebut di antaranya raihan juara I pada Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), dan Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI), serta juara II pada Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI).

Diawali penampilan Tim Abinara-1 yang berhasil mengamankan juara I serta predikat tim dengan Strategi Terbaik dalam kategori KRSRI. Pada kategori ini, Tim Abinara-1 dituntut untuk melaksanakan misi pencarian dan penyelamatan ketika terjadi bencana.

Untuk tim Ichiro, berhasil mendapat juara I kategori KRSBI Humanoid dengan empat robotnya yang bernama Ithaaro, Umaru, Hiro, dan Siber. Dengan strategi yang matang, Tim Ichiro turut mendapat predikat tim dengan Strategi Terbaik.

“Kami berhasil mencetak gol sebanyak tiga bola pada tahap final,” ungkap Ketua Tim Ichiro ITS Thomas Prayoga Susanto.

Kemudian dilanjut dengan tim Rival ITS yang sempat susut pada kontes tahun lalu, namun berhasil mengamankan kembali posisi juara I pada kategori KRTMI di KRI 2024. Di kategori ini, Tim Rival berhasil menyelesaikan misi memilah sampah dengan bantuan dua robot kendali jarak jauh. Berkat kehebatan robot dengan pengendalinya, Tim Rival berhasil mengakumulasikan poin terbanyak yang sekaligus menjadikannya pemenang pada tahap final.

Berikutnya dari tim Vi-Rose yang turut melejit ke posisi I pada kategori KRSTI. Tim Vi-Rose hadir dengan dua robot yang bernama Rafa dan Nada yang dibalut dalam busana tradisional ketika menampilkan tari Oleg Tamulilingan dari Bali.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video