Harumkan Nama Bangsa, ITS Juarai Kompetisi Desain Feri Internasional | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Harumkan Nama Bangsa, ITS Juarai Kompetisi Desain Feri Internasional

Editor: MMA
Wartawan: Mohammad Sulthon Neagara
Senin, 08 Juli 2024 21:17 WIB

Inilah desain kapal fery yang meraih juara pertama di ajang International Student Design Competition 2024 yang diselenggarakan oleh Worldwide Ferry Safety Association (WFSA) yang bermarkas di Amerika Serikat. Foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember () Surabaya kembali mengharumkan nama bangsa. Kali ini, melalui tim Nawesena yang meraih juara pertama di ajang International Student Design Competition 2024. Lomba desain internasional ini diselenggarakan oleh (WFSA) yang bermarkas di Amerika Serikat.

Perlombaan yang dilaksanakan mulai November 2023 hingga Juni 2024 ini dilakukan secara daring. Nawasena yang terdiri dari tujuh anggota itu merancang kapal feri inovatif yang bernama

Nama Nneka yang berarti ibu yang agung dalam bahasa Igbo (Nigeria), mencerminkan tujuan kapal ini untuk menjadi feri pertama yang aman dan layak di , Nigeria, serta menjadi induk feri masa depan di wilayah tersebut.

Quito Abian Iqtarib selaku General Manager Tim Nawasena menjelaskan, kapal feri ini didesain untuk berlayar di , yang sedang gencar memproduksi Compressed Natural Gas (CNG).

"Kapal ini kami rancang menjadi kapal yang ramah lingkungan, terutama untuk lingkungan sungai," ungkap mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan (Siskal) tersebut dalam rilisnya yang diterima BANGSAONLINE, Senin (8/7/2024).

Abian yang juga sebagai ketua tim lomba memaparkan, timnya merancang kapal yang selaras dengan tujuan negara dalam memproduksi CNG, yang lebih ramah lingkungan dibanding diesel.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video