DPRD Minta Jawa Timur Siap Songsong MEA | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

DPRD Minta Jawa Timur Siap Songsong MEA

Kamis, 20 Agustus 2015 23:37 WIB

Chusainuddin dan Mochammad Eksan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Persaingan terbuka antar tenaga kerja di Asia Tenggara sudah di depan mata. Hal itu praktis terjadi dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Desember tahun ini. Karena itu, Indonesia termasuk Jawa Timur harus siap menyongsong MEA. Sebab, kalau tidak, akan menjadi jajahan bagi pekerja asing asal negara anggota Asean.

Chusainuddin, Wakil Sekretaris Fraksi PKB DPRD Jawa Timur berharap, Pemprov Jatim sudah menyiapkan tenaga terampil agar bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Di antaranya dengan memberikan keterampilan khusus (skill) kepada para tenaga kerja sehingga terserap di dunia kerja dalam negeri, bahkan kalau perlu juga di luar negeri.

“Angkatan kerja kita harus dibekali keterampilan khusus. Agar tak kalah bersaing dengan tenaga kerja asing. Saat ini waktunya merealisasikan slogan 'Ayo Kerja Songsong MEA 2015'. Dan peran pemprov sangat besar untuk merealisasikan hal tersebut,” papar Chusainuddin.

Ajudan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) di era Muhaimin Iskandar itu mengungkapkan, Pemprov Jatim bisa memaksimalkan Balai Latihan Kerja (BLK) yang berada di bawah binaan Disnaker Jatim. Pihaknya berharap, BLK bisa menjadi sarana untuk menciptakan angkatan kerja yang terampil dan siap kerja.

Sekretaris Dewan Koordinasi Wilayah (DKW) Gerakan Pemuda Kebangsaan (Garda Bangsa) Jatim ini mengimbau Pemprov Jatim maupun SKPD terkait bisa melakukan aksi jemput bola terhadap lulusan SMA atau SMK agar mendapat pelatihan keterampilan di BLK-BLK yang ada di Jawa Timur.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   dprd jatim

Berita Terkait

Bangsaonline Video