Ngopi Bareng BEM se-Gresik, Alif Ajak Diskusi soal Pengangguran | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ngopi Bareng BEM se-Gresik, Alif Ajak Diskusi soal Pengangguran

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Syuhud
Kamis, 25 Juli 2024 15:13 WIB

Bakal calon bupati, Asluchul Alif (baju putih berkopiah) usai ngopi bareng dengan BEM se-Gresik. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bakal calon bupati (Bacabup) Gresik dari Partai Gerindra, Asluchul Alif, ngopi bareng dengan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi BEM se-Kabupaten Gresik di posko kemenangan, Jalan Basuki Rachmat, Bandar Grisse, Rabu (24/7/2024) malam.

Dalam agenda tersebut, para mahasiswa mengeluhkan kondisi Gresik saat ini, seperti angka pengangguran yang masih tinggi mencapai 6,82 persen pada tahun lalu, atau lebih tinggi 2 persen bila dibandingkan provinsi yang hanya 4,88 persen. Kondisi itu dinilai kontradiktif dengan banyaknya perusahaan yang beraktivitas di Kota Pudak.

Para mahasiswa juga mengeluhkan mahalnya biaya pendidikan, sehingga hanya orang kaya yang dapat menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Menanggapi keluhan mereka, Alif berkomitmen untuk mengatasi pengangguran, dan mengajak para mahasiswa serta generasi muda untuk bersama-sama berkontribusi dalam pembangunan di Gresik.

"Ada beberapa program sudah kami siapkan untuk mengatasi pengangguran. Mulai dari penciptaan sistem informasi berbasis NIK (Nomor Induk Kependudukan), pinjaman modal tanpa bunga bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), hingga penyediaan pasar untuk pelaku UMKM," paparnya.

Menurut dia, sistem informasi berbasis NIK merupakan hal yang penting dilakukan untuk mengetahui secara langsung sebaran pengangguran. Sekaligus mewajibkan perusahaan untuk memanfaatkan sistem dimaksud.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video