Selain Tanam 16.000 Bibit, Cargill Resmikan Arboretum Mangrove di Kalimireng Gresik | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Selain Tanam 16.000 Bibit, Cargill Resmikan Arboretum Mangrove di Kalimireng Gresik

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Syuhud
Kamis, 25 Juli 2024 17:37 WIB

PT Cargil Indonesia bersama pejabat Pemkab Gresik, YEKA, dan ITS serta masyarakat setempat saat tanam mangrove di Kalimireng. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - PT Cargill Indonesia melakukan penanaman 16.000 bibit pohon mangrove bersama sekitar 100 orang masyarakat, dan para pemangku kepentingan setempat di Kalimireng, Desa Manyar Sidomukti, Kamis (25/7/2024). 

Arboretum Mangrove yang menggandeng Yayasan Elang Katulistiwa Adipavitra (YEKA), , dan Pemerintah Desa Manyar Sidomukti, juga diresmikan di wilayah tersebut. Kegiatan ini untuk menyambut Hari Mangrove Sedunia.

Direktur YEKA, Sriyanto, mengatakan bahwa ekosistem mangrove di Kalimireng merupakan pesisir yang kaya akan keanekaragaman hayati. Namun, ekosistem di sana menghadapi berbagai ancaman dari alih fungsi lahan, dampak kegiatan industri yang tidak bertanggung jawab, dan limbah domestik.

Ia pun menyebut, aksi tanam bibit mangrove bertujuan untuk meningkatkan jumlah populasi dan keragaman jenis di ekosistem mangrove Kalimireng, serta menjaga tambak tepi sungai Kalimireng dari abrasi.

"Penanaman bibit mangrove dilakukan di dua lokasi, yaitu 10 ribu bibit di tambak sekitar kawasan perkemahan Desa Manyar Sidomukti dan 6 ribu bibit di sempadan sungai dekat jembatan menuju arah kawasan industri KEK Gresik," ujarnya.

Sementara itu, Admin & Relation Manager, Food Solutions Southeast Asia, PT Cargill Indonesia, Adi Suprayitno, menyatakan kegiatan ini sejalan dengan komitmen pihaknya untuk memberikan dampak positif air di komunitas Cargill beroperasi pada 2030. Penanaman mangrove merupakan langkah penting untuk menjaga ekosistem pesisir di Manyar.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video