​Berkat JKN, Pengobatan Kanker Istri Mudjijana Terjamin | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Berkat JKN, Pengobatan Kanker Istri Mudjijana Terjamin

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
Sabtu, 27 Juli 2024 10:05 WIB

Mudjijana. (Ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Adanya Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah banyak dirasakan manfaatnya masyarakat Indonesia. Biaya pelayanan kesehatan yang tidak murah menjadi momok masyarakat yang benar-benar membutuhkan pelayanan kesehatan.

Manfaat dari Program JKN ini telah dirasakan oleh salah satu peserta JKN dari Blitar, yang sudah tinggal di Nganjuk, Mudjijana. Mudjijana mengatakan bahwa ia merasa sangat terbantu dengan adanya Program JKN.

“Dengan adanya BPJS ini, kami sudah terbantu terutama dalam hal pendanaan. Karena memang biaya pelayanan kesehatan di rumah sakit itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit,” ungkap Mudjijana.

Pria berusia 66 tahun ini menuturkan, hal tersebut bukan hanya omong kosong belaka, tetapi didasarkan pada pengalaman pribadinya. Meskipun dirinya belum pernah menggunakan dan memanfaatkan secara langsung Program JKN untuk melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan, Mudjijana mengaku tetap membayar iuran JKN secara rutin setiap bulan.

“Kebetulan saya belum pernah menggunakan JKN untuk berobat. Akan tetapi, saya tetap membayar iuran rutin setiap bulan supaya dapat menggunakan JKN. Ini saya lakukan untuk berjaga-jaga di kemudian hari supaya memudahkan dalam hal pembiayaan,” ujar Mudjijana.

Mudjijana bercerita, bahwa sang istri, Netty Suryani (59) yang telah memanfaatkan kemudahan Program JKN. Netty menderita penyakit kronis yaitu kanker rahim. Hasil awal laboratorium menyatakan, bahwa terdapat miom yang bersarang di tubuh Netty.

“Awalnya, istri saya merasakan sakit berkepanjangan yang berkaitan dengan penyakit wanita. Akhirnya diperiksakan ke dokter kandungan. Hasilnya, istri saya didiagnosa bahwa terdapat miom di rahimnya,” tutur Mudjijana.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, Mudjijana tidak menyangka bahwa penyakit yang diderita istrinya menjadi kanker ganas. Istrinya harus menjalani serangkaian pemeriksaan dan perawatan hingga ke rumah sakit yang memiliki fasilitas kesehatan yang lebih memadai di Surabaya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video