Ribuan Warga Kedungpring Gresik Berkostum Nusantara Meriahkan Karnaval 17 Agustus | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ribuan Warga Kedungpring Gresik Berkostum Nusantara Meriahkan Karnaval 17 Agustus

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Minggu, 18 Agustus 2024 16:54 WIB

Kades Kedungpring, Priyono beserta istri, memakai kostum Kerajaan Majapahit saat mengikuti karnaval. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ribuan warga , Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten , mengadakan karnaval menyambut HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Minggu (18/8/2024).

Peserta karnaval adalah perwakilan dari 14 rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW), BPD, Karang Taruna, organisasi kemasyarakatan (ormas), dan pelajar.

Karnaval berlangsung meriah karena peserta memakai beragam kostum nusantara. Ada yang memakai kostum kerajaan era Majapahit, hingga pakaian adat nusantara seperti pakaian adat Jawa, Bali, Minangkabau, Madura, dan lainnya.

Tidak hanya adu kostum, peserta juga ada yang membawa kereta naga dan sejumlah kreasi lain.

Kepala , Priyono beserta istri, juga ikut menyemarakkan karnaval. Mereka menggunakan kostum Kerajaan Majapahit.

Rute karnaval 17 Agustus tahun ini dimulai dari lapangan Dusun Kedungpring. Mereka arak-arakan melewati jalan desa.

Puluhan petugas gabungan dari Polsek dan Koramil Balongpanggang, petugas trantib kecamatan, serta linmas dilibatkan untuk mengatur arus lalu lintas yang dilalaui karnaval.

Panas terik matahari yang menyengat tak membuat peserta karnaval kelelahan. Mereka tetap semangat. Begitu pun dengan masyarakat yang menonton di kanan kiri jalan rute dilalui karnaval, mereka sangat antusias.

Priyono menyampaikan karnaval kostum nusantara ini merupakan kegiatan rutin tiap memperingati HUT RI.

"Dandanan yang diperagakan peserta karnaval menggambarkan Bhinneka Tunggal Ika, masyarakat cinta keberagaman," ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video