Pemkab dan DPRD Lamongan Tanda Tangani Komitmen Anti Korupsi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemkab dan DPRD Lamongan Tanda Tangani Komitmen Anti Korupsi

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Senin, 19 Agustus 2024 20:30 WIB

Sosialisasi anti korupsi oleh KPK RI di ruang rapat paripurna DPRD Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan menandatangani komitmen anti korupsi di Ruang Rapat Paripurna , Senin (19/8/2024).

Penandatangan yang dilakukan pada Sosialisasi Anti Korupsi oleh KPK RI tersebut untuk meningkatkan kualitas, akuntabilitas, tata kelola pemerintahan daerah yang good and clean government.

Selain itu dalam rangka menjaga kinerja yang positif, menghasilkan inovasi yang berdampak, dan meningkatkan kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan pelayanan publik dan kerja-kerja parlemen.

"Ke depan diperlukan adanya peningkatan kapasitas seluruh stakeholder pembangunan sebagai wujud aktualisasi diri dan sekaligus menyamakan ritme dan jejak langkah untuk memperkokoh status Lamongan sebagai pemerintah daerah dengan status manajemen pemerintahan berstandar internasional," ujar Bupati Lamongan Yuhronur Efendi.

Dijelaskannya, salah satu bentuk langkah konkret pencegahan korupsi dan implementasi nilai-nilai integritas dari penyelenggara negara, baik di eksekutif maupun di legislatif dapat dilihat dari kepatuhannya dalam pelaporan LHKPN.

Di tahun 2023 dan 2024, laporan LHKPN eksekutif dan legislatif di Lamongan telah 100% dan diumumkan lengkap.

Selain itu, di tahun 2023, indeks reformasi birokrasi Kabupaten Lamongan naik menjadi BB, indeks kepuasan masyarakat sebesar 84,98, SAKIP Pemerintah Kabupaten Lamongan A enam kali berturut-turut, Opini BPK WTP (wajar tanpa pengecualian) enam kali berturut-turut.

Sedangkan, implementasi indikator-indikator monitoring center for prevention (MCP) dalam manajemen pemerintahan, sebagai tolok ukur komitmen dalam pencegahan korupsi.

MCP Kabupaten Lamongan sepanjang tahun 2018 - 2024 dinamis. Tahun 2022 Lamongan berada di peringkat 7 nasional dan peringkat 1 di Provinsi Jawa Timur.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video