Sinergi Pemkot Kediri dan BWI Berikan Pengetahuan Kewaqafan untuk Nadzir | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sinergi Pemkot Kediri dan BWI Berikan Pengetahuan Kewaqafan untuk Nadzir

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 20 Agustus 2024 16:26 WIB

Ketua BWI Kota Kediri, KH Zubaduz Zaman, saat memberi sambutan. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebagai upaya untuk optimalisasi manajemen waqaf, perwakilan Badan Waqaf Indonesia (BWI) Kota Kediri bersama pemerintah daerah setempat menggelar pembinaan Nadzir, Selasa (20/8/2024).

Agenda yang berlangsung di Kantor BWI ini terbagi menjadi beberapa pertemuan berdasarkan wilayah kecamatan. Diawali oleh Nadzir di sekitar Kecamatan Mojoroto, dilanjutkan dengan 2 wilayah lain yakni, Kecamatan Kota dan Pesantren.

Nadzir merupakan pihak yang menerima harta benda waqaf, dari waqif untuk dikelola dan dikembangkan sesuai dengan peruntukannya. Ketua BWI Kota Kediri, KH Zubaduz Zaman, menyebut upaya ini guna memberikan edukasi lebih mendalam kepada para Nadzir di Kota Tahu, utamanya mengenai tugas dan kewajiban mereka.

“Nadzir bertugas untuk mengadministrasi harta benda waqaf, mengelola dan mengembangkan harta benda waqaf, mengawasi dan melindungi harta benda waqaf serta membuat pelaporan setiap tahunnya,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, pembinaan ini juga sebagai sarana sharing atau berbagi seputar bagaimana pengelolaan waqaf supaya tidak ada permasalahan.

“Kami sengaja mengumpulkan para Nadzir guna memberikan pemahaman lebih seputar waqaf dan sebagai wadah diskusi serta mencari solusi supaya nantinya proses pelaksanaan waqaf di masyarakat ini dapat berjalan dengan baik dan benar baik secara syariat agama maupun peraturan perundang-undangan,” paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video