Bukti Berhasilnya Kemitraan dengan Uni Eropa, Pemkab Madiun Gelar Panen Raya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bukti Berhasilnya Kemitraan dengan Uni Eropa, Pemkab Madiun Gelar Panen Raya

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Hendro Suhartono
Selasa, 20 Agustus 2024 20:36 WIB

Pj Bupati Madiun beserta Forkopimda saat melakukan potong padi secara simbolis.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Sebagai salah satu bukti keberhasilan kemitraan dengan Uni Eropa dalam rangka menghasilkan beras berkelanjutan dan inovasi beras sehat, Pemkab Madiun melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertakan) menggelar panen raya di Desa Klumutan, Kecamatan Saradan, Selasa (20/8/2024).

Agenda tersebut mengambil tema 'Wiwitan Panen Padi Petani Mitra Sinergi Menuju Beras Sehat Rendah Karbon'. Padi yang dipanen penanamannya mengunakan metode campuran, yaitu menggunakan 50 perse organik dan 50 persen kimia. 

Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan pupuk organik yang lebih sehat bagi konsumen, serta mendorong pendapatan petani melalui harga jual beras yang lebih tinggi. Kepala Dispertakan Kabupaten Madiun, Sumanto, mengatakan bahwa metode penanaman padi sehat ini diterapkan di lahan seluas 215 hektar, yang tersebar di lima kecamatan di Madiun.

"Lahan yang menggunakan metode ini mencakup sekitar 215 hektar yang tersebar di lima kecamatan se-Kabupaten Madiun," terangnya.

Sumanto berharap, para petani di Madiun semakin terdorong untuk memanfaatkan sumber daya alam lokal, menekan biaya produksi, dan meningkatkan pendapatan sambil tetap menjaga keseimbangan ekosistem.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video