Pertama di Madura, RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Lakukan Operasi Bedah Tanpa Pisau | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pertama di Madura, RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Lakukan Operasi Bedah Tanpa Pisau

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Sahlan
Senin, 23 September 2024 20:38 WIB

dr. Erliyati, Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep menjadi yang pertama di Madura dan kedua di Jawa Timur, sebagai rumah sakit yang melakukan operasi bedah minimal invasif.

Operasi bedah ini menggunakan metode (MIS) dengan teknik Radio Frequency Ablation (RFA) pada tumor tiroit atau gondok yang terbukti jinak atau tidak ganas.

Terobosan baru tersebut baru dilakukan rumah sakit pelat merah tersebut sejak Agustus 2024 lalu di poliklinik onkologi.

Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Erliyati, menjelaskan inovasi yang dihadirkan ini dalam rangka memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat Sumenep.

Operasi bedah MIS dilakukan oleh dr. Husnul Ghaib, Sp.B (K), Onk. dokter bedah konsultan onkologi di Poliklinik Onkologi.

Erliyati menegaskan operasi bedah MIS yang sudah ada sejak Agustus 2024 lalu hanya ada di .

"Bahkan, di Jawa Timur baru ada dua rumah sakit yang melakukan operasi MIS ini," terangnya kepada HARIAN BANGSA, Senin (23/09/2024).

Ia menjelaskan, dr. Husnul Ghaib adalah dokter yang juga melakukan operasi MIS di RSUD dr. Soetomo Surabaya.

Adapun teknik operasi MIS tak menggunakan pisau dan minim sayatan. Hanya memasukkan elektroda yang besarnya seperti jarum suntik atau abokat nomor 16.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video