Terima Dubes Guatemala untuk Indonesia, Pj Gubernur Jatim Jajaki Kerja Sama Ekonomi hingga Budaya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Terima Dubes Guatemala untuk Indonesia, Pj Gubernur Jatim Jajaki Kerja Sama Bidang Ekonomi hingga Bu

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Senin, 30 September 2024 16:24 WIB

Pj Gubernur Jatim saat menerima kunjungan kerja Dubes Guatemala untuk Indonesia di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, menerima kunjungan kerja Duta Besar (Dubes) Guatemala untuk Indonesia, Maynor Jacobo Cuyún Salguero, di Gedung Negara , Senin (30/9/2024). Dalam kesempatan tersebut, keduanya saling berdiskusi melakukan penjajakan peningkatan kerja sama antara Guatemala dengan Jawa Timur, khususnya di sektor ekonomi maupun budaya.

"Pada intinya Pak Dubes ingin meningkatkan hubungan kerja sama antara Guatemala dan Indonesia, khususnya Jawa Timur sebagai provinsi yang besar dan kuat dalam industri perdagangan dan manufaktur. Beliau sangat mengapresiasi dengan apa yang dicapai oleh Jawa Timur, sehingga berminat untuk menjajaki kerja sama lebih jauh lagi,” urai Adhy.

“Salah satunya, beliau ingin ada hubungan Sister City antara Kota Surabaya dengan Kota Quetzaltenango yang merupakan kota kedua terbesar setelah ibukotanya dan juga adalah kota industri,” imbuhnya.

Diketahui, neraca perdagangan Jawa Timur-Guatemala tahun ini mengalami surplus bagi Jawa Timur sebesar US$ 1,25 juta, di mana nilai ekspor mencapai US$ 1,28 juta pada 2024. Peringkat Guatemala sebagai salah satu negara tujuan ekspor Jawa Timur naik sangat signifikan, yakni dari yang sebelumnya urutan 83 pada 2023 ke urutan 10 pada periode ke Januari-Maret 2024.

"Kita memang harapkan kerja sama yang lebih intens. Guatemala ini merupakan salah satu negara pengekspor kopi terbesar di dunia, kopinya luar biasa dan tadi saya diberikan secara khusus oleh beliau. Dan Jawa Timur sendiri juga mampu menghasilkan produksi kopi per tahun 2023 sebanyak 72.825 ton. Jadi ini juga memungkinkan untuk bisa dikerjasamakan," kata Adhy.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video