Empat Pimpinan DPRD Gresik Definitif Resmi Dilantik | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Empat Pimpinan DPRD Gresik Definitif Resmi Dilantik

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Senin, 07 Oktober 2024 21:43 WIB

Ketua PN Gresik, I Gusti Ayu Susilawati, melantik Ketua DPRD Gresik M Syahrul Munir serta tiga Wakil Ketua Lutfi Dawam, Mujid Riduan, dan Ahmad Nurhamim. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSANLINE.com - menggelar rapat paripurna istimewa dengan agenda peresmian pengangkatan pengucapan sumpah/janji pimpinan masa jabatan 2024-2029 di ruang paripurna DPRD setempat, Senin (7/10/2024).

Rapat dipimpin Ketua sementara Abdullah Hamdi dari Fraksi PKB didampingi Wakil Ketua sementara Nur Saidah dari Fraksi Partai Gerindra.

Keempat pimpina definitif yang dilantik Ketua , M Syahrul Munir dari Fraksi PKB, dan tiga Wakil Ketua yakni Lutfi Dawam dari Fraksi Gerindra, Mujid Riduan dari Fraksi PDI Perjuangan, dan Ahmad Nurhamim dari Fraksi Golkar.

Keempat pimpinan tersebut dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Gresik, I Gusti Ayu Susilawati.

Sebelumnya, Sekretaris Dewan Mokh Najikh membacakan SK Gubernur Jatim Nomor: 100.3.3.1/942/KPTS/011.2/2024, tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinann masa jabatan 2024-2029, yaitu M Syahrul Munir sebagai Ketua , Lutfi Dawam sebagai Wakil Ketua DPRD, dan Ahmad Nurhamim sebagai Wakil Ketua DPRD yang ditetapkan pada 2 Oktober 2024 oleh Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono.

Dan SK Gubernur Jatim Nomor: 100.3.3.1/966/KPTS/011.2/2024, tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan masa jabatan 2024-2029, Tahap II yaitu Mujid Riduan sebagai Wakil Ketua .

Abdullah Hamdi menyampaikan, selama menjabat Ketua sementara sejak dilantik pada 23 Agustus, telah memfasilitasi sejumlah kebutuhan DPRD.

Kebutuhan dimaksut di antaranya, pembentukan fraksi, dan pembentukan tim perumus tata tertib (tatib) DPRD.

"Pimpinan sementara juga telah memfasilitasi terbentuknya empat pimpinan DPRD difinitif," ucap Abdullah Hamdi.

Sesuai UU Nomor 23 tahun 2014 Pasal 105 ayat 5 bahwa pimpinan sebelum memangku jabatan dilakukan sumpah dan janji.

Usai empat pimpinan difinitif dilantik, Hamdi menyerahkan palu kepemimpinan kepada M Syahrul Munir selaku pimpinan sidang paripurna.

Syahrul Munir dalam sambuatannya menyatakan, agenda DPRD dalam waktu dekat adalah, pembentukan Alat Kelengkapan DPRD (AKD), meliputi badan musyawarah (Banmus), badan anggaran (Banggar), badan pembuatan peraturan daerah (Bapemperda), dan 4 komisi, I, II, III dan IV.

"Tugas DPRD lain menunggu adalah pembahasan KUA PPAS Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2025 dan pengesahan perubahan Tatib DPRD," katanya.

Syahrul meminta dukungan semua anggota DPRD, masyarakat dan semua komponen masyarakat dalam menjalankan tugas.

" Saya mewakili pimpinan juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, terima kasih kepada pimpinan sementara dan kepada Plt Bupati Gresik dan semua yang hadir dalam pelantikan," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video