Desainer dari Jawa Timur Kenalkan Batik di Lao Fashion Week 2024 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Embran Nawawi, Desainer dari Jawa Timur yang Kenalkan Batik di Lao Fashion Week 2024

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Dimas Maulana Sugianto
Selasa, 08 Oktober 2024 15:40 WIB

Karya Embran Nawawi, desainer asal Jawa Timur yang tampil di Lao Fashion Week 2024.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Desainer dari Jawa Timur, Embran Nawawi, memperkenalkan batik dalam gelaran Lao Fashion Week (LFW) 2024 di Laos. Ia menampilkan sejumlah karya yang diberi judul 'The Journey'.

"Acara ini digelar di Vientiane Laos pada 1-6 Oktober 2024 yang juga bertepatan dengan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober. Ini juga merupakan momen berharga bagi saya sebagai kreator fesyen batik," ujarnya, Selasa (10/8/2024).

Embran mempelajari batik sejak masih berada di bangku kuliah pada awal tahun 90-an di kawasan Malioboro, Yogyakarta. Ia tetap konsisten hingga saat ini dan memasukkan unsur batik pada karya fesyen modern.

"Sekarang karena sudah dianggap menjadi budayawan batik Jawa Timur harus selalu konsisten dengan batik, untuk memasukkannya ke dalam fesyen modern," urai pria yang juga menjadi dosen di beberapa kampus di Surabaya ini.

Menurutnya, LFW 2024 yang juga bertepatan dengan Hari Batik Nasional menjadi wadah untuk merayakan peringatan tersebut.

Pasalnya, batik adalah produk wastra dan budaya yang sudah digeluti Embran sejak 1996 saat menjadi Asisten Desainer Fesyen Batik Carmanita di Jakarta.

Oleh karena itu, saat gelaran LFW 2024 dirinya merasa perlu mendeklarasikan, serta mengenalkan kepada publik, dalam hal ini para penggiat fesyen di Asia, tentang Hari Batik Nasional.

"Setelah berdiskusi dengan panitia, saya mendapatkan dua model untuk memperagakan fesyen batik saya berpasangan. Akhirnya, semua menyadari kehadiran batik Indonesia, karena hanya saya yang menampilkan bahan tradisional dalam karya fesyen," kata pria yang saat ini menempuh studi sebagai mahasiswa Doktoral S3 Pascasarjana Institut Seni Indonesia di Yogyakarta itu.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video