Rancang FEED Proyek Geng North, SKK Migas Gandeng ITS dan ITB | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Rancang FEED Proyek Geng North, SKK Migas Gandeng ITS dan ITB

Editor: Mohammad Sulthon Neagara
Selasa, 08 Oktober 2024 20:14 WIB

Rapat koordinasi antara dosen ITS, ITB, SKK Migas, dan ENI dalam realisasi FEED proyek North Hub Kutai di Milan, Italia.

BANGSAONLINE.com mendapat amanah dari untuk berpartisipasi pada proyek Kutai North Hub (KNH) atau biasa disebut Geng North. Bersama dengan , proyek ini disebut menjadi upaya pengembangan potensi gas tercepat di Indonesia.

mengirimkan 31 delegasi dosen yang salah satunya adalah Guru Besar Departemen Teknik Sistem Perkapalan (Siskal), Ketut Buda Artana. Ia bersama dengan 30 rekan dosen lainnya akan bertanggung jawab dalam proses perancangan Front End Engineering Design (FEED). 

“Kami turut bekerja sama dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) ENI pada proyek ini,” kata Ketut melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Selasa (8/10/2024).

Ia menjelaskan, proyek Geng North adalah realisasi pemerintah dalam mewujudkan Proyek Strategis Nasional (PSN) Hulu Migas. Namun, proyek besar itu memiliki tingkat kompleksitas teknis yang cukup tinggi dalam eksekusinya. 

“Sehingga, memberi kepercayaan kepada institusi pendidikan untuk terlibat dalam pengembangannya,” tuturnya.

Mantan Wakil Rektor IV itu mengatakan, pada proses pembuatan FEED atau yang sederhananya membuat blue print, mengharuskan para dosen dan berkolaborasi untuk berfokus pada perancangan desain struktural dari PSN Hulu Migas. 

“Kami terlibat dalam penyusunan desain badan floating structure, fasilitas produksi, fasilitas untuk mengikat di lautan, hingga fasilitas darat,” urai dosen yang juga pernah diamanahi sebagai Kepala International Office itu.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video