Bojonegoro Terkaya ke 5 se-Jatim | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bojonegoro Terkaya ke 5 se-Jatim

Rabu, 09 September 2015 03:00 WIB

Proyek migas blok Cepu.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Adanya industri minyak dan gas bumi (migas) di membawa banyak perubahan kondisi sosial ekonomi. Berdasarkan data yang diungkap oleh Institut (BI), sebuah lembaga nirlaba yang fokus soal kemiskinan dan tata kelola migas di , saat ini tercatat sebagai daerah terkaya nomor lima di Jawa Timur. Akan tetapi, di sisi lain angka kemiskinan di juga tinggi yaitu peringkat ke sembilan di Jawa Timur.

Menurut Direktur Institut AW Saiful Huda, kemampuan fiskal saat ini di atas rata-rata daerah di Jatim. Pada tahun 2015 ini misalnya kemampuan APBD diperkirakan mencapai Rp 3,6 triliun. Penyumbang paling banyak pemasukan bagi daerah adalah dari sektor minyak dan gas bumi (migas).

Data tahun 2012-2014 menunjukkan pendapatan termasuk tertinggi kelima di Jawa Timur. Kendati demikian, kata dia, menurut Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2013, tingkat kemiskinan di menempati peringkat ke-9 di Jawa Timur.

Susenas 2013 juga menyebut jumlah warga miskin di daerah penghasil minyak dan gas bumi (migas) itu sebanyak 196 ribu jiwa. Kantong kemiskinan, kata dia, paling banyak berada di desa-desa pinggiran hutan dan juga di sekitar ladang migas.

Desa Mojodelik, Gayam, dan Katur Kecamatan Gayam, misalnya yang merupakan desa penghasil migas Banyu Urip, Blok Cepu, juga tercatat merupakan salah satu desa kantong kemiskinan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Bojonegoro

Berita Terkait

Bangsaonline Video