Said Aqil: Umat Beriman Bukan Monopoli Islam, Yahudi - Kristen juga Beriman | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Said Aqil: Umat Beriman Bukan Monopoli Islam, Yahudi - Kristen juga Beriman

Sabtu, 19 September 2015 00:57 WIB

Said Aqil Siraj. foto: kiblat.net

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - KH Ahmad Baghowi, Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Nganjuk Jawa Timur menyatakan bahwa yang paling bahaya dari buku Said Aqil Siroj adalah halaman 309. Dalam buku berjudul Tasawuf sebagai Kritik Sosial, Mengedepankan Islam sebagai Inspirasi, Bukan Aspirasi, itu Said Aqil menafsiri surat Al Maidah ayat 69.

Said Aqil menulis, "…Ayat yang dikutip di atas mengingatkan kita, bahwa umat beriman itu bukanlah monopoli umat Islam. Baik kaum Yahudi, Kristiani, Shabi’in (penyembah berhala), penganut Budha, Hindu, Konghuchu, maupun penganut kepercayaan lainnya, semuanya adalah umat beriman, sepanjang dalam keyakinan mereka terselip butir-butir keimanan kepada Allah, Tuhan, Sang Hyang Widi atau apapun namanya. Tuhan pun tidak akan marah seandainya tidak dipanggil Allah, seperti halnya orang Jawa yang memanggil “Pangeran” atau “Gusti Allah”."

Kiai Baghowi yakin bahwa para kiai NU menolak tafsir Said Aqil Siraj ini. “Saya haqqul yaqin, para masayikh NU tidak menerima tafsiran itu,” kata Kiai Ahmad Baghowi dalam keterangan tertulisnya kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (17/9/2015). (Baca juga: Said Aqil Yakin Imam Syafi’i Simpatisan Syi’ah, Kiai Baghowi Tantang Dialog)

GUGATAN DISEMPURNAKAN

Sementara gugatan Forum Lintas Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (FL-PWNU) atas hasil Muktamar NU ke-33 jalan terus. Gugatan yang diajukan oleh Rais Syuriah PWNU Sulawesi Tengah (Sulteng) Dr KH Jamaluddin Mariajang dan PWNU lainnya itu memang sempat dicabut oleh yang bersangkutan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   muktamar-nu

Berita Terkait

Bangsaonline Video