Kemarau, Masyarakat Bojonegoro Diminta Waspadai Beberapa Penyakit Ini | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kemarau, Masyarakat Bojonegoro Diminta Waspadai Beberapa Penyakit Ini

Jumat, 02 Oktober 2015 18:37 WIB

Kasi Pengendalian Penyakit Dinkes Bojonegoro, dr. Whenny Diah Prijanti. foto: eky nurhadi/BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) , mengimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan beberapa jenis penyakit yang mudah menyerang manusia pada musim kemarau. Beberapa penyakit itu di antaranya infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), alergi kulit dan asma.

Sebab, saat musim kemarau seperti ini membuat udara yang panas pada siang hari, sebaliknya pada malam hari udara cukup dingin. Hal itu mudah menyebabkan manusia cepat capek karena suhu udara yang panas pada siang hari. Sebaliknya pada malam hari dengan udara yang dingin serta angin yang kencang mudah menyebabkan tubuh manusia terserang penyakit alergi serta masuk angin.

"Daya imunnya juga cepat menurun, jika tidak diimbangi dengan menjaga kondisi dan kesehatan, maka tubuh manusia mudah terserang penyakit, baik ISPA, alergi maupun asma," ujar Kasi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan , dr. Whenny Diah Prijanti, Jumat (2/10).

Menurut dr. Whenny, selain udara panas, musim kemarau yang terjadi di juga menimbulkan banyak debu baik dari pasir, tanah maupun batu pedel yang ada di jalanan. Apalagi, jalan-jalan poros kecamatan dan perdesan di banyak yang dipaving, sehingga saat kemarau seperti saat ini kondisinya sangat kering, pasir di bawah paving muncul dipermukaan. Akibatnya, saat dilalui mobil pasir tersebut terbang terbawa angin.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Bojonegoro

Berita Terkait

Bangsaonline Video