Bawa Karya Kondom Sapi, Mahasiswa UB Ikuti Pimnas ke-28 di Kendari, Targetkan Juara Umum | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bawa Karya Kondom Sapi, Mahasiswa UB Ikuti Pimnas ke-28 di Kendari, Targetkan Juara Umum

Sabtu, 03 Oktober 2015 00:12 WIB

TUNJUKKAN: Lovy Cendya Luckyta, mahasiswi Fakultas Kedokteran UB, menunjukkan karya HI-MIC, semacam kondom untuk sapi, kemarin (2/10). foto: iwan irawan/BANGSAONLINE

MALANG, BANGSAONLINE.com - Universitas Brawijaya memasang target juara umum di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-28, 5-9 Oktober 2015, di Universitas Halu Oleo, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. UB mengirimkan 35 kelompok berjumlah 221 orang, terinci 154 mahasiswa, 28 dosen pembimbing dan 39 offisial. Dari 35 kelompok mahasiswa ini, mereka membawa beragam temuan karya ilmiah, di antaranya HI-MIC (Healthy Milk in Condome), sejenis pelindung sarung kondom, diperuntukan sapi betina, yang mengeluarkan susu.

Menurut, Lovy Cendya Luckyta, mahasiswi semester 7 Fakultas Kedokteran UB, karya tersebut untuk mengatasi minimnya produk susu, karena adanya penyakit mastitis. Dimana HI-MIC itu, disarungkan pada puting susu sapi betina, supaya terhindar dari penyakit mastitis. Pasalnya, keberadaan mastitis di Indonesia, kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan sekali yakni mencapai 75 sampai 83 persen kasus, yang terjadi pada tahun 2006 silam.

“Karena itu kami berusaha keras mencari formulasi untuk mengatasinya, dan akhirnya menemukan cara untuk antisipasi mastitis ini,” cetusnya, Jumat (2/10). Dengan kondom sapi ini, diharapkan mastitis tidak terus menyebar ke hewan ternak sapi.

Ada pun HI-MIC (kondom sapi) ini, memiliki 3 variasi ukuran di antaranya S, M dan L, menyesuaikan ukuran puting dari sapi betina itu sendiri. Dari hasil Uji CMT (California Mastitis Test), bahwa mampu memberikan sebuah kenyamanan pada sapi laktasi (menyusui).

Kala kondom sapi dipakai, bisa terhindar dari iritasi diputing susunya plus tidak memiliki efek samping, dibanding dengan menggunakan kondom jenis biasa maupun antiseptik lainnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   unibraw malang

Berita Terkait

Bangsaonline Video